Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Teknologi Smartphone Terkini, dari Komunikasi Satelit hingga Chip Khusus

Kompas.com - 05/01/2023, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang 2022 lalu, teknologi yang diterapkan di smartphone kian berkembang. Banyak fitur dan hal baru yang muncul di smartphone pada tahun lalu.

Contohnya adalah teknologi komunikasi satelit yang hadir di iPhone 14. Melalui teknologi tersebut, pengguna bisa mengirim sinyal darurat meski dalam kondisi tidak ada jaringan telekomunikasi.

Selain komunikasi satelit, ada juga sejumlah teknologi lain yang hadir di smartphone. Nah, inilah 10 teknologi smartphone terkini yang hadir pada 2022, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Giz China, Rabu (4/1/2022).

1. Kaca anti-pecah Huawei Kunlun

Huawei Mate 50 Pro.consumer.huawei.com Huawei Mate 50 Pro.
Vendor smartphone China, Huawei memperkenalkan sebuah teknologi kaca pelindung baru untuk smartphone. Kaca pelindung tersebut bernama “Kunlun”.

Kaca pelindung ini hadir di Huawei Mate 50 Series. Kunlun merupakan lapisan kaca pelindung yang diciptakan menggunakan gabungan 100 juta kristal yang sudah dioksidasi dengan logam spesifik.

Kaca pelindung Kunlun ini didesain Huawei secara khusus melalui proses peleburan yang lebih lama dari kaca biasa.

Baca juga: Huawei Siap Kembali dan Sebut Pemblokiran AS sebagai Normal Baru

Waktu prosesnya mencapai 24 jam dengan suhu mencapai 1600 derajat. Pembuatan kaca ini juga menggunakan teknologi yang membuat kaca lebih kokoh.

Kaca Kunlun ini diklaim mengandung ratusan miliar nanokristal berkekuatan tinggi yang membuat kaca tahan terhadap benturan.

Kunlun menjadi produk kaca pelindung pertama yang mengantongi sertifikasi tahan banting dengan bintang lima dari SGS Swiss.

2. Komunikasi satelit

Fitur Emergency SOS via satelit di iPhone 14Apple Fitur Emergency SOS via satelit di iPhone 14
Teknologi komunikasi satelit ini mulai dikenal sejak iPhone 14 dirilis pada Oktober 2022. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan meski tidak terhubung dengan jaringan internet atau seluler.

Komunikasi satelit dapat digunakan ketika keadaan daruat. Misalnya, ketika tersesat di sebuah tempat tanpa ada jaringan seluler yang memadai. Dengan teknologi ini, pengguna ponsel dapat mengirim pesan teks serta lokasi untuk mendapatkan bantuan.

Selain iPhone 14, Huawei Mate 50 series juga memiliki fitur ini. Akan tetapi, fitur ini masih terbatas untuk sejumlah wilayah saja.

Komunikasi satelit di iPhone 14 series baru tersedia di wilayah AS, Kanada, Perancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris, sedangkan untuk Huawei, tidak dirinci lebih lanjut wilayah mana saja yang sudah tersedia.

Baca juga: Bukan Gimmick, Komunikasi Satelit iPhone 14 Benar-benar Selamatkan Nyawa

3. “Dynamics Island” Apple

Ilustrasi animasi-animasi yang ditampilkan pada poni interaktif  Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.YouTube/ Apple Ilustrasi animasi-animasi yang ditampilkan pada poni interaktif Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang diperkenalkan pada 2022 lalu, membawa inovasi anyar yaitu “Dynamics Island”. “Dynamics Island” menggantikan poni fisik di dua ponsel tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.