Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Produk, Akun Instagram Apple Malah Tampilkan Hasil Foto dan Video, Kenapa?

Kompas.com - 05/01/2023, 16:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pernah mengamati akun Instagram (IG) resmi beberapa vendor ponsel ternama dunia? Apabila Anda jeli, akun Instagram Apple dengan handle @apple, cukup unik dibanding akun IG vendor smartphone lain.

Bukannya membanjiri akun Instagram dengan aneka produknya, Apple justru menampilkan hasil foto dan video yang diambil oleh para penggunanya. Bahkan, di masing-masing takarir (caption) postingannya, Apple tidak menyebutkan iPhone model apa yang digunakan untuk memotret foto atau video tersebut.

Umumnya, takarir postingan di Instagram Apple cukup singkat dan sesekali menonjolkan fitur andalan iPhone secara umum. Salah satunya ada di postingan berikut, di mana takarir yang dicantumkan lebih menonjolkan soal fitur Ultrawide.

"Saya suka menggunakan Ultra Wide utnuk menciptakan distorsi yang menarik #ShotoniPhone by Jirasak P @joez19".

Baca juga: 6 Gadget Apple yang Tidak Lagi Diproduksi, Ada iPhone 11

Apple tentu saja akan menambahkan kredit siapa yang membuat karya tersebut. Nah, mengapa Apple lebih memilih menampilkan hasil foto dan video di akun Instagram-nya, ketimbang produk-produk Apple, sebagaimana merek smartphone lain?

Ingin tonjolkan kualitas produk

Konsep ini rupanya sudah dititi sejak awal akun Instagram Apple dibuat, yakni pada tahun 2017 lalu. Melansir Tech Crunch, sejak awal dibuat, akun Instagram Apple seolah-olah menjadi papan billboard digital untuk mempromosikan produk Apple lebih luas, tanpa menampilkan wujudnya.

Perusahaan asal Cupertino, AS ini lebih ingin menonjolkan kualitas kamera iPhone lewat portofolio yang dibuat oleh para penggunanya, bukan karya tim kreatif Apple. Dengan kata lain, Apple ingin mempromosikan bahwa iPhone cocok digunakan kreator Instagram yang gemar pamer hasil foto dan video di media sosial.

Foto dan video yang tampil di akun Instagram Apple diketahui berasal dari kurasi tanda pagar (tagar) #ShotoniPhone. Nantinya, ada kurator yang bertugas menyortir foto atau video dari pengguna iPhone yang sudah diunggah ke Instagram dengan bubuhan tagar #ShotoniPhone.

Apple akan meminta izin terlebih dulu apakah pengguna bersedia jika karyanya di-repost (posting ulang) oleh Apple di akun resmi mereka atau tidak. Apple nantinya juga akan menyertakan kredit dengan menandai akun Instagram kreator, sehingga mereka bisa mendapat exposure.

Baca juga: Kekayaan Menguap Rp 15 Kuadriliun, Apple Terdepak dari Daftar Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Karya asal Indonesia pernah muncul di Instagram Apple

Salah satu karya pengguna Apple asal Indonesia pernah di-repost oleh Apple di Instagram resminya. Karya tersebut adalah milik Rezha Sahhilny Amran (@amranrezha).

Foto yang diambil di sebuah pasar yang berlokasi di Semarang itu menampilkan siluet seorang bapak bertopi lebar dengan barang dagangannya. Dua bungkus kerupuk rambak bertuliskan "Kulit Asli" tergantung di atas tumpukan kardus produk asal Indonesia.

Foto itu diambilnya menggunakan iPhone 7 Plus. Mulanya, Rezha mengatakan bahwa ia hanya sekadar iseng mengunggah foto tersebut dengan membubuhkan tagar #Shotoniphone.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by rezha amran (@amranrezha)

Beberapa foto yang terpajang di feed Instagram miliknya pun dibubuhi tagar serupa. Tidak ada niatannya untuk ikut kompetisi fotografi #Shotoniphone yang diselenggarakan Apple tiap tahunnya, yang melombakan foto-foto yang diambil dari kamera iPhone.

Rezha mengatakan, sebelum fotonya diunggah ke akun Instagram resmi Apple, ia mendapat e-mail dari Apple. Sayangnya, Rezha enggan mengungkap detail isi e-mail karena bersifat rahasia.

Intinya, e-mail itu berisi pemberitahuan bahwa fotonya kandidat kuat untuk diunggah ke akun resmi Apple. Ia pun tidak mengatakan apakah ada apresiasi lain di luar exposure yang diterima lewat Instagram Apple. Tapi menurut Rezha, pengakuan akan karyanya jauh lebih bernilai dibanding materi.

Cerita Rezha soal kisah di balik karyanya yang diposting di akun Instagram resmi Apple, bisa disimak di artikel "Cerita Foto Kerupuk Rambak di Akun Instagram Apple, Jepretan Fotografer Semarang".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com