Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Produk, Akun Instagram Apple Malah Tampilkan Hasil Foto dan Video, Kenapa?

Kompas.com - 05/01/2023, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Pernah mengamati akun Instagram (IG) resmi beberapa vendor ponsel ternama dunia? Apabila Anda jeli, akun Instagram Apple dengan handle @apple, cukup unik dibanding akun IG vendor smartphone lain.

Bukannya membanjiri akun Instagram dengan aneka produknya, Apple justru menampilkan hasil foto dan video yang diambil oleh para penggunanya. Bahkan, di masing-masing takarir (caption) postingannya, Apple tidak menyebutkan iPhone model apa yang digunakan untuk memotret foto atau video tersebut.

Umumnya, takarir postingan di Instagram Apple cukup singkat dan sesekali menonjolkan fitur andalan iPhone secara umum. Salah satunya ada di postingan berikut, di mana takarir yang dicantumkan lebih menonjolkan soal fitur Ultrawide.

"Saya suka menggunakan Ultra Wide utnuk menciptakan distorsi yang menarik #ShotoniPhone by Jirasak P @joez19".

Baca juga: 6 Gadget Apple yang Tidak Lagi Diproduksi, Ada iPhone 11

Apple tentu saja akan menambahkan kredit siapa yang membuat karya tersebut. Nah, mengapa Apple lebih memilih menampilkan hasil foto dan video di akun Instagram-nya, ketimbang produk-produk Apple, sebagaimana merek smartphone lain?

Ingin tonjolkan kualitas produk

Konsep ini rupanya sudah dititi sejak awal akun Instagram Apple dibuat, yakni pada tahun 2017 lalu. Melansir Tech Crunch, sejak awal dibuat, akun Instagram Apple seolah-olah menjadi papan billboard digital untuk mempromosikan produk Apple lebih luas, tanpa menampilkan wujudnya.

Perusahaan asal Cupertino, AS ini lebih ingin menonjolkan kualitas kamera iPhone lewat portofolio yang dibuat oleh para penggunanya, bukan karya tim kreatif Apple. Dengan kata lain, Apple ingin mempromosikan bahwa iPhone cocok digunakan kreator Instagram yang gemar pamer hasil foto dan video di media sosial.

Foto dan video yang tampil di akun Instagram Apple diketahui berasal dari kurasi tanda pagar (tagar) #ShotoniPhone. Nantinya, ada kurator yang bertugas menyortir foto atau video dari pengguna iPhone yang sudah diunggah ke Instagram dengan bubuhan tagar #ShotoniPhone.

Apple akan meminta izin terlebih dulu apakah pengguna bersedia jika karyanya di-repost (posting ulang) oleh Apple di akun resmi mereka atau tidak. Apple nantinya juga akan menyertakan kredit dengan menandai akun Instagram kreator, sehingga mereka bisa mendapat exposure.

Baca juga: Kekayaan Menguap Rp 15 Kuadriliun, Apple Terdepak dari Daftar Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Karya asal Indonesia pernah muncul di Instagram Apple

Salah satu karya pengguna Apple asal Indonesia pernah di-repost oleh Apple di Instagram resminya. Karya tersebut adalah milik Rezha Sahhilny Amran (@amranrezha).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.