Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer eKinekt Bike Desk, Meja Kerja Unik Bisa Ngecas Laptop dengan Digowes

Kompas.com - 06/01/2023, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Acer memperkenalkan meja kerja dengan sepeda statis bernama eKinekt Bike Desk (BD) 3. Meja unik ini diumumkan dalam ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2023 yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Meja sepeda tersebut membuat pengguna bisa bekerja di depan laptopnya sekaligus sambil berolahraga dengan gowes pedal sepeda statis.

Acer mengeklaim, eKinekt BD 3 mampu mengubah energi kinetik yang muncul saat pengguna mengayuh pedal, menjadi muatan listrik. Nantinya, energi listrik itu dapat digunakan untuk mengisi daya laptop atau gadget milik pengguna.

Baca juga: Razer Pamer Prototipe PC Gaming Modular Berbentuk Meja

Menurut perhitungan Acer, satu jam bersepeda konstan pada 60 RPM (putaran per menit) di atas meja sepeda eKinekt BD 3, dapat menghasilkan listrik sebesar 75 watt.

Listrik yang dihasilkan dari energi kinetik kayuhan sepeda tersebut dapat menekan emisi Gas Rumah Kaca setara dengan berjalan kaki daripada mengemudikan mobil sejauh 212 meter.

Penampakan meja pada Acer eKinekt BD 3.Acer Penampakan meja pada Acer eKinekt BD 3.
eKinekt BD 3 hadir dengan dua port USB Tipe-A dan satu port USB Tipe-C untuk pengisian daya beberapa perangkat seluler, serta ada pengait tas, dan tempat minuman.

Meja sepeda ini juga datang dengan dua mode penggunaan. Pertama, ada mode kerja di mana meja berada pada posisi tegak. Kedua, ada mode olahraga, di mana meja bisa digeser lebih ke depan. Sehingga pengguna bakal berada pada posisi condong ke depan seperti benar-benar menaiki sepeda.

Baca juga: Cerita di Balik iPod yang Mejeng di Meja Ratu Elizabeth II

Ada pula aplikasi pendamping untuk memberikan informasi seputar penggunaan sepeda statis pada eKinekt BD 3. Mulai dari informasi durasi, kalori yang dibakar, serta watt yang dihasilkan selama mengayuh sepeda.

Meja sepeda eKinekt BD 3 juga diklaim ramah lingkungan. Selain karena bisa menghasilkan listrik dari kayuhan sepeda, meja sepeda bikinan Acer ini juga menggunakan gabungan plastik daur ulang PCR sebagai bahan materialnya.

Dihimpun KompasTekno dari situs resmi Acer, Jumat (5/1/2023), Acer mengatakan bahwa eKinekt Bike Desk 3 ini bakal tersedia di sejumlah wilayah seperti Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Taiwan dalam beberapa bulan mendatang.

Adapun harga Acer eKinekt Bike Desk 3 adalah sebagai berikut:

  • Amerika Utara (Juni 2023) - 999 dollar AS (sekitar Rp 15,6 juta)
  • Eropa, Timur Tengah, Afrika (Juni 2023) - 999 eruo (sekitar Rp 16,5 juta)
  • Taiwan (April 2023) - 29.000 dolla Taiwan baru (sekitar Rp 14,7 juta)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.