Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 06/01/2023, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam acara tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2023, produsen otomotif asal Jerman, BMW memamerkan mobil konsep yang dapat berubah warna, menyesuaikan kebutuhan atau keinginan dari penggunanya.

Kendati begitu, konsep yang dipamerkan berbeda dengan tahun lalu, di mana warna eksterior mobil yang ditawarkan masih sangat terbatas, yaitu hanya berubah dari warna hitam ke putih, atau sebaliknya.

Kali ini, BMW menggunakan teknologi “E-ink 240 colors” sehingga dapat menawarkan 32 pilihan warna yang berbeda-beda. Teknologi E-ink sendiri merupakan teknologi layar yang dapat berubah warna.

Baca juga: BMW Pamer Mobil yang Bisa Berubah Warna, Begini Cara Kerja Teknologinya

Secara teknis, panel e-ink yang dipotong-potong dengan laser ini direkatkan ke seluruh badan dan bagian pelek mobil, sehingga memungkinkan kendaraan tersebut berubah warna.

Pihak perusahaan juga mengembangkan teknologi E-ink agar dapat direkatkan ke permukaan yang melengkung, khususnya di beberapa bagian bodi mobil.

Konsep baru ini dinamai “i Vision Dee”. Dee sendiri merujuk pada singkatan dari Digital Emotional Experience.

Perubahan warna yang terjadi tidak hanya pada bagian eksterior mobilnya saja, tetapi warna rodanya juga turut berubah.

Tampilan pilihan warna yang dihadirkan BMW dengan teknologi E-ink 240 colorsBMW Blog Tampilan pilihan warna yang dihadirkan BMW dengan teknologi E-ink 240 colors

BMW juga membuat teknologi antarmuka (UI/User Interface) mobil yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan asisten virtual berbasis suara (voice-driven virtual assistants). Pengguna bisa memanggil “Dee” untuk mengaktifkan asisten virtual.

Kemampuan berinteraksi itu tidak hanya dapat dilakukan di dalam mobil saja, tetapi juga di luar mobil. Di bagian “muka” mobil, sedan tersebut hadir dengan panel yang dapat menciptakan sebuah ekspresi wajah, reaksi senang, kaget, dan ekspresi lainnya. Sehingga komunikasi yang dilakukan terkesan lebih interaktif.

Mobil tersebut juga dibekali teknologi head-up display (HUD), tetapi dengan versi yang lebih “canggih”. Jika teknologi HUD umumnya hanya muncul di depan kaca pengemudi, kali ini tampilan HUD bakal hadir di seluruh kaca depan mobil.

Baca juga: Vivo V25e Diam-diam Meluncur, Ponsel Menengah yang Bisa Berubah Warna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke