Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Loreal Pamer Alat Kosmetik Canggih, Bisa Menggambar Alis Sempurna

Kompas.com - 06/01/2023, 15:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Ajang pameran Consumer Electronics Show (CES) 2023, yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, tidak hanya diramaikan oleh perusahaan teknologi.

Merek kosmetik asal Prancis, Loreal, turut meramaikan acara tahunan ini. Dalam CES 2023 ini Loreal memamerkan dua produk aplikator atau alat kosmetik dan make up canggih.

Kedua alat tersebut dapat membuat penggunaan lipstik dan menggambar alis dengan bentuk sempurna.

"Dua teknologi yang kami perkenalkan tahun ini di CES mewakili tujuan kami untuk menciptakan keindahan yang menggerakkan dunia," kata Nicolas Hieronimus, CEO Loreal Group.

Hapta, alat cerdas untuk pakai lipstik

Aplikator atau alat make up pintar yang disebut "Hapta" ini dibuat untuk membantu pengguna, khususnya mereka yang memiliki keterbatasan fisik untuk memasang lipstik ke seluruh area bibir dengan gerakan yang stabil.

Baca juga: Belanja Make Up di Google Search, Bisa Coba Dulu dengan AR Sebelum Beli

"Bagi Loreal, masa depan kosmetik itu inklusif, dan masa depan ini akan lebih mudah diakses berkat teknologi," ujar Hieronimus.

Hapta sendiri dikembangkan Loreal bersama Verily Life Sciences  yang merupakan anak perusahaan Alphabet. Prototipe Hapta dirancang dengan menggabungkan gerakan dan magnet yang bisa berputar 360 derajat atau menekuk hingga 180 derajat.

Hapta, aplikator lipstik canggih dari LorealLoreal Hapta, aplikator lipstik canggih dari Loreal
Ketika digunakan, pengguna bisa mengunci Hapta pada posisi tertentu dan memakainya lagi di waktu mendatang tanpa perlu mengatur ulang perangkat.

Aplikator kosmetik canggih ini mengandalkan baterai yang diklaim bisa bertahan selama kurang lebih satu jam atau lebih dari 10 kali pemakaian. Untuk mengisi baterai sampai penuh dibutuhkan waktu tiga jam.

Menurut Loreal, Hapta pada tahap awal akan diadopsi pada kosmetik merek Lancome milik Loreal pada tahun ini. Selain lipstik, teknologi pada Hapta juga akan diterapkan Loreal pada produk lainnya.

Loreal Brow Magic

Loreal Brow Magic merupakan alat yang membantu pengguna menggambar alis dengan bentuk sempurna.

Perangkat ini dikembangkan Loreal bersama Prinker, sebuah perusahaan yang membuat printer tato temporer.

Baca juga: Spotify Kini Jualan Kosmetik Online

Secara teknis Brow Magic dilengkapi dengan 2.400 nosel kecil yang mampu mencetak hingga 1.200 titik per inci.

Magic Brow, aplikator alis canggih dari LorealLoreal Magic Brow, aplikator alis canggih dari Loreal

Pemakaiannya yaitu dengan memindai wajah menggunakan teknologi augmented reality (AR) di aplikasi yang terhubung dengan Brow Magic.

Dengan begitu, Brow Magic bisa melihat bagaimana bentuk, ketebalan serta menentukan efek yang akan diterapkan pada alis.

Di saat yang sama, pengguna bisa melihat opsi efek alis dan memilih efek yang akan dipasang oleh Brow Magic.

Setelah memilih opsi alis yang diinginkan, pengguna bisa menerapkan lapisan primer sebelum efek alis digambar oleh Brow Magic. Bila dirasa kurang cocok setelah alis digambar, pengguna bisa memperbaikinya dengan menghapus riasan karena sifatnya tidak permanen.

Serupa dengan Hapta, Brow Magic juga disebut Loreal akan dirilis tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Loreal, Jumat (6/1/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com