Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Bisa Simpan Pesan yang Sudah Terhapus

Kompas.com - 07/01/2023, 12:01 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru, yakni dapat menyimpan pesan di ruang obrolan, walaupun pesannya sudah hilang.

Informasi ini diketahui oleh WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur-fitur terbaru dari WhatsApp.

Dalam temuannya, fitur ini masih dalam tahap uji coba dan belum digelontorkan secara publik, tetapi akan mulai tersedia untuk WhatsApp beta versi 2.23.1.24 di perangkat iOS, Android, dan Windows terlebih dulu.

Cara kerja fitur ini juga masih belum diungkap lebih lanjut. Kemungkinan besar, fitur ini akan tersedia untuk ruang obrolan dengan mode "Disappearing Message" aktif.

Dengan fitur tersebut, maka pesan yang terhapus akibat "Disappearing Message" tetap bisa tersimpan.

Baca juga: WhatsApp Tidak Bisa Lagi Dipakai di HP Android dan iPhone Ini

Misalnya, mode "Disappearing Message" diaktifkan untuk menyimpan pesan selama 90 hari. Wajarnya, setelah lewat 90 hari, seluruh pesan dari ruang obrolan tersebut akan terhapus secara otomatis.

WhatsApp dilaporkan mengembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya menyimpan pesan yang sudah hilang (Disappearing Message)WABetaInfo WhatsApp dilaporkan mengembangkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya menyimpan pesan yang sudah hilang (Disappearing Message)
Namun, kehadiran fitur ini membuat pesan bakal tetap tersimpan sementara dan dapat dilihat oleh seluruh pengguna yang berada di ruang obrolan yang sama. Pengguna juga dapat memilih, apakah ingin terus menyimpan pesan tersebut atau tidak.

Jika tidak lagi ingin menyimpannya, pesan yang sebelumnya disimpan akan benar-benar dihapus oleh sistem dan tidak bisa dipulihkan/dibaca lagi. Seluruh peserta dalam grup atau pengguna lain juga memiliki andil untuk menghapus pesan yang dikirim kapan saja.

Dari gambar tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo, fitur ini bakal muncul dalam bentuk ikon kecil menyerupai selipan buku.

Ringkasnya, fitur ini mirip bookmark pada situs website yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam link.

Nah, ikon itu terletak di ujung kanan bawah gelembung chat (bubble chat), bersebelahan dengan keterangan waktu. Kemunculan ikon di gelembung chat merupakan visual tambahan untuk menandakan pesan itulah yang nantinya akan tersimpan.

Baca juga: Sudah Bisa di Indonesia, Begini Cara Hapus Pesan Salah Kamar di WhatsApp

Kehadiran dari fitur ini juga ditujukan untuk memudahkan pengguna membedakan pesan yang disimpan dari pesan "Disappearing Message". Masih belum diketahui kapan fitur ini bakal digelontorkan secara resmi. Kemungkinan besar bakal diperkenalkan secara bertahap.

21 emoji baru

21 emoji baru bakal hadir di WhatsApp dan ada delapan emoji baru yang diperbarui. Namun, kebaruan ini baru akan dihadirkan ke pengguna WhatsApp beta terlebih dahuluWABetaInfo 21 emoji baru bakal hadir di WhatsApp dan ada delapan emoji baru yang diperbarui. Namun, kebaruan ini baru akan dihadirkan ke pengguna WhatsApp beta terlebih dahulu
Selain fitur di atas, WhatsApp juga menghadirkan beberapa pembaruan dan emoji baru. Setidaknya terdapat 21 emoji baru dan delapan emoji yang diperbaharui.

Bagi pengguna yang menggunakan WhatsApp versi 2.22.25.11, delapan emoji yang dimaksud masih belum berubah.

WhatsApp dilaporkan baru menggelontorkan pembaruan untuk WhatsApp beta versi 2.22.25.12, jadi Anda yang tidak menggunakan WhatsApp beta harus sedikit bersabar.

Halaman:
Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com