Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menambahkan Chat WhatsApp atau DM IG di Postingan Instagram, Cocok Buat UMKM

Kompas.com - 07/01/2023, 18:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Instagram memiliki banyak fitur yang bisa mendukung pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk mempromosikan produknya secara digital lebih mudah. Selama ini, pelaku bisnis kecil bisa menambahkan tautan ke profil Instagram.

Tujuannya adalah agar followers (pengikut) yang mampir ke profilnya, bisa langsung mengeklik tautan tersebut, baik itu tautan ke chat WhatsApp Business, marketplace toko, atau website resmi.

Namun, ada fitur lain yang bisa semakin mempermudah followers menghubungi kreator atau pebisnis kecil. Fitur itu adalah menautkan link chat ke WhatsApp Business atau direct message (DM) IG di setiap postingan Instagram.

Baca juga: Bukan Produk, Akun Instagram Apple Malah Tampilkan Hasil Foto dan Video, Kenapa?

Jadi, setiap postingan Instagram akan dibubuhi tombol yang bisa langsung diklik followers untuk mengirim pesan WhatsApp Business atau DM IG ke kreator. Sehingga, followers tidak perlu membuka laman profil terlebih dahulu jika tertarik dengan produk tersebut. Kurang lebih gambarannya seperti foto ilustrasi di atas.

Nah, lalu bagaimana caranya? Sebelum masuk ke tutorial, perlu diperhatikan bahwa cara menambahkan chat WhatsApp atau DM IG di postingan Instagram membutuhkan syarat khusus.

Baik akun Instagram maupun WhatsApp yang ditautkan, harus akun bisnis. Untuk membuat atau mengubah akun Instagram dari personal ke bisnis, bisa menyimak tutorial di artikel "Cara Mengubah Akun Instagram Pribadi Jadi Instagram Business".

Sementara untuk beralih ke akun WhatsApp Business, bisa menyimak langkah-langkahnya di artikel "Cara Mengubah WhatsApp Biasa ke Akun WhatsApp Business".

Cara menambahkan DM IG di postingan Instagram

  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik tombol tamba (+) di sisi atas untuk menambahkan postingan
  • Pilih "postingan"
  • Pilih foto yang ingin diunggah, pastikan foto sudah disunting sesuai kehendak
  • Klik anak panah ke kanan yang terletak di sisi atas
  • Pilih "tambahkan tombol pesan"
  • Pilih "send message - Instagram"
  • Klik tombo centang di pojok kanan atas

Cara menambahkan DM IG di Postingan Instagram.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menambahkan DM IG di Postingan Instagram.

Baca juga: 3 Cara Tag Orang di Instagram Stories Tanpa Kelihatan

Cara menambahkan chat WA di postingan Instagram

Secara umum, cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram, sama persis dengan menambahkan tautan DM IG. Namun, pengguna perlu menambahkan kontak WhatsApp bisnis terlebih dahulu, berikut caranya:

  • Buka laman profil Instagram
  • Klik "edit profil"
  • Klik "opsi kontak"
  • Pilih "WhatsApp"
  • Pastikan akun yang ingin ditautkan adalah WhatsApp Business

Cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram.

  • Kemudian, masukkan nomor WhatsApp Business yang ingin ditautkan
  • Klik kirim kode
  • Pilih "send message-WhatsApp"
  • Klik centang biru di pojok kanan atas

Cara menambahkan chat WhatsApp  di postingan Instagram selanjutnya adalah dengan mengeklik opsi WhatsApp, lalu kirim kode.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram selanjutnya adalah dengan mengeklik opsi WhatsApp, lalu kirim kode.

Perlu diingat, pengaturan ini hanya berlaku untuk satu postingan saja, bukan diterapkan untuk semua postingan sekaligus secara otomatis. Artinya, apabila ingin menyematkan tautan ke chat WhatsApp atau DM IG di masing-masing postingan, harus dilakukan secara manual satu per satu.

Nah, demikian cara menambahkan chat WhatsApp atau DM IG ke postingan Instagram. Nantinya, followers cukup mengeklik tombol "send message-WhatsAPp" atau "send message-Instagram". Selamat mencoba!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com