Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menambahkan Chat WhatsApp atau DM IG di Postingan Instagram, Cocok Buat UMKM

Kompas.com - 07/01/2023, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Instagram memiliki banyak fitur yang bisa mendukung pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk mempromosikan produknya secara digital lebih mudah. Selama ini, pelaku bisnis kecil bisa menambahkan tautan ke profil Instagram.

Tujuannya adalah agar followers (pengikut) yang mampir ke profilnya, bisa langsung mengeklik tautan tersebut, baik itu tautan ke chat WhatsApp Business, marketplace toko, atau website resmi.

Namun, ada fitur lain yang bisa semakin mempermudah followers menghubungi kreator atau pebisnis kecil. Fitur itu adalah menautkan link chat ke WhatsApp Business atau direct message (DM) IG di setiap postingan Instagram.

Baca juga: Bukan Produk, Akun Instagram Apple Malah Tampilkan Hasil Foto dan Video, Kenapa?

Jadi, setiap postingan Instagram akan dibubuhi tombol yang bisa langsung diklik followers untuk mengirim pesan WhatsApp Business atau DM IG ke kreator. Sehingga, followers tidak perlu membuka laman profil terlebih dahulu jika tertarik dengan produk tersebut. Kurang lebih gambarannya seperti foto ilustrasi di atas.

Nah, lalu bagaimana caranya? Sebelum masuk ke tutorial, perlu diperhatikan bahwa cara menambahkan chat WhatsApp atau DM IG di postingan Instagram membutuhkan syarat khusus.

Baik akun Instagram maupun WhatsApp yang ditautkan, harus akun bisnis. Untuk membuat atau mengubah akun Instagram dari personal ke bisnis, bisa menyimak tutorial di artikel "Cara Mengubah Akun Instagram Pribadi Jadi Instagram Business".

Sementara untuk beralih ke akun WhatsApp Business, bisa menyimak langkah-langkahnya di artikel "Cara Mengubah WhatsApp Biasa ke Akun WhatsApp Business".

Cara menambahkan DM IG di postingan Instagram

  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik tombol tamba (+) di sisi atas untuk menambahkan postingan
  • Pilih "postingan"
  • Pilih foto yang ingin diunggah, pastikan foto sudah disunting sesuai kehendak
  • Klik anak panah ke kanan yang terletak di sisi atas
  • Pilih "tambahkan tombol pesan"
  • Pilih "send message - Instagram"
  • Klik tombo centang di pojok kanan atas

Cara menambahkan DM IG di Postingan Instagram.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menambahkan DM IG di Postingan Instagram.

Baca juga: 3 Cara Tag Orang di Instagram Stories Tanpa Kelihatan

Cara menambahkan chat WA di postingan Instagram

Secara umum, cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram, sama persis dengan menambahkan tautan DM IG. Namun, pengguna perlu menambahkan kontak WhatsApp bisnis terlebih dahulu, berikut caranya:

  • Buka laman profil Instagram
  • Klik "edit profil"
  • Klik "opsi kontak"
  • Pilih "WhatsApp"
  • Pastikan akun yang ingin ditautkan adalah WhatsApp Business

Cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram.

  • Kemudian, masukkan nomor WhatsApp Business yang ingin ditautkan
  • Klik kirim kode
  • Pilih "send message-WhatsApp"
  • Klik centang biru di pojok kanan atas

Cara menambahkan chat WhatsApp  di postingan Instagram selanjutnya adalah dengan mengeklik opsi WhatsApp, lalu kirim kode.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara menambahkan chat WhatsApp di postingan Instagram selanjutnya adalah dengan mengeklik opsi WhatsApp, lalu kirim kode.

Perlu diingat, pengaturan ini hanya berlaku untuk satu postingan saja, bukan diterapkan untuk semua postingan sekaligus secara otomatis. Artinya, apabila ingin menyematkan tautan ke chat WhatsApp atau DM IG di masing-masing postingan, harus dilakukan secara manual satu per satu.

Nah, demikian cara menambahkan chat WhatsApp atau DM IG ke postingan Instagram. Nantinya, followers cukup mengeklik tombol "send message-WhatsAPp" atau "send message-Instagram". Selamat mencoba!

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.