Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE Generasi 4 Batal Diproduksi?

Kompas.com - 08/01/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com- Apple dikabarkan akan membatalkan produksi iPhone SE (Special Edition) generasi keempat (iPhone SE 4). Hal itu diungkap oleh salah satu analis kenamaan yang kerap membeberkan informasi soal produk Apple, Ming-Chi Kuo.

Menurut analisis Kuo, alasan pembatalan iPhone SE 4 adalah karena performa penjualan iPhone model low yang harganya "murah", seperti iPhone 13 mini, iPhone 14 'reguler', dan iPhone SE 2022 tidak sesuai harapan Apple.

Kuo juga mengatakan saat ini iPhone model tinggi seperti "Pro" dan "Pro Max" justru semakin laris.

"Perusahaan pemasok telah menerima instruksi dari Apple yang mengindikasikan bahwa rencana pengiriman untuk iPhone SE 4 di 2024 telah batal, bukan lagi ditunda," tulis Kuo dalam blog pribadinya di Medium.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Terbaru Desember 2022: iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone SE 3

Tanda-tanda suramnya nasib iPhone SE sebetulnya sudah muncul sejak awal tahun 2022. Kala itu, outlet media Nikkei Asia melaporkan bahwa Apple memangkas produksi iPhone SE 2022 hingga 20 persen di kuartal II-2022.

Alasannya lantaran permintaan iPhone SE 3 diperkirakan lebih sedikit dari target yang dipatok Apple. Sementara itu, penjualan iPhone 14 'reguler' dan 'plus' yang harganya lebih murah dibanding model iPhone 14 series lain, juga disebut tidak begitu memuaskan, menurut laporan Bloomberg.

Apple juga disebut memangkas produksi iPhone 14 karena rendahnya permintaan. Bahkan, permintaan kedua model itu lebih rendah dari iPhone SE 3 dan iPhone 13 mini.

Di sisi lain, penjualan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang harganya lebih mahal, justru lebih tinggi dibanding iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Hingga saat ini, Apple belum memberikan tanggapan apakah prediksi Kuo benar atau tidak, melansir dari Cnet, Minggu (8/1/2023).

Melihat riwayat iPhone SE sebelumnya, tidak menutup kemungkinan, Apple tetap akan merilis iPhone SE, namun dengan jeda waktu yang lebih panjang. Seperti halnya ketika mereka merilis iPhone SE 2 (2020) yang baru dirilis setelah hiatus empat tahun setelah merilis iPhone SE generasi 1 (2016).

Baca juga: iPhone SE Akhirnya Punya Poni dan Layar Besar?

Kembali ke iPhone SE 14, dalam blognya, Kuo mengatakan bahwa pembatalan iPhone SE 4 ini akan cukup menguntungkan Qualcomm.  Pasalnya, Apple disebut sedang mengembangkan chip modem 5G buatannya sendiri.

Kuo menyebut, chip itu rencananya akan disematkan lebih dulu ke iPhone SE sebelum menanamkannya ke lini flagship. Akan tetapi, Kuo mengeklaim chip itu masih belum sebaik kualitas buatan Qualcomm.

Sehingga, iPhone generasi berikutnya kemungkinan masih mengandalkan chip modem buatan Qualcomm, terutama untuk iPhone yang dirilis tahun 2025 mendatang.

Saat ini, Apple masih bergantung ke Qualcomm untuk mendapatkan chip modem 5G. Selama beberapa tahun terakhir, Apple disebut berambisi ingin lepas dari Qualcomm sebagai pemasok chip modem 5G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com