Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyembunyikan Aktivitas Spotify di HP dan PC agar Tidak Dilihat Followers

Kompas.com - 08/01/2023, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai platform streaming musik populer, Spotify menawarkan banyak fitur untuk penggunanya. Salah satunya adalah fitur untuk berbagi aktivitas dengan teman pengguna Spotify.

Sesama pengguna Spotify bisa melihat aktivitas satu sama lain jika saling mengikuti (follow) akun Spotify. Misalnya ketika teman Anda mendengarkan musik tertentu, Anda dapat mengetahuinya melalui kolom “Friend Activity”.

Begitu juga sebaliknya, saat Anda mendengar musik, teman yang mem-follow akun Anda akan bisa melihat informasi yang sama. Fitur tersebut bisa juga menjadi sarana untuk saling berbagi musik kepada teman-teman lain secara tidak langsung.

Baca juga: Cara Membuat Spotify Blend buat Cek Selera Musing Bareng Pasangan

Informasi yang dibagikan juga cukup lengkap, seperti menyertakan judul lagu, nama penyanyi, dan dari album mana musik itu diputar.

Tampilan kolom Friend Activity di Spotify (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Tampilan kolom Friend Activity di Spotify (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)
Di foto profil pengguna terdapat titik biru dan di ujung kanannya terdapat ikon diagram. Ikon tersebut mengindikasikan bahwa Anda sedang memutar musik secara real time.

Sementara itu, bila Anda tidak sedang mendengarkan musik, notifikasi akan menunjukkan waktu terakhir Anda online.

Notifikasi yang tertulis biasanya “3 hr” (3 jam yang lalu) atau “2d” (dua hari yang lalu) beserta informasi dari musik yang terakhir didengar. Umumnya, kolom “Friend Activity” ini muncul ketika mengakses Spotify di PC/komputer saja.

Baca juga: Link dan Cara Main Tebak Lagu Whisperify Spotify yang Ramai di Twitter

Sebagian pengguna mungkin ada yang tidak nyaman bila ada pengguna lain tahu musik apa yang sedang didengar, atau kapan terakhir kali aktif Spotify. Informasi-informasi di atas terkadang dianggap “privasi” sehingga harus dirahasiakan.

Tidak perlu khawatir, Spotify juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aktivitas di platform. Caranya pengaturannya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Namun, perlu dicatat bahwa pengaturan ini hanya tersedia untuk Spotify yang berbasis di smartphone, tablet, dan PC/komputer, tidak untuk Spotify versi web.

Cara menyembunyikan aktivitas Spotify di HP

Cara menyembunyikan aktivitas di Spotify lewat HP (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara menyembunyikan aktivitas di Spotify lewat HP (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka aplikasi Spotify
  • Klik Home di bagian bawah kiri
  • Pilih logo roda bergerigi atau “Settings” di bagian kanan atas
  • Gulir layar kebawah sampai menemukan kolom “Social”
  • Ada pilihan “Listening activity”, klik bagian itu, maka mode tersebut akan dimatikan.
  • Apabila ingin kembali mengaktifkan mode tersebut, langkahnya sama, Anda tinggal kembali mengeklik “Listening activity”.

Cara menyembunyikan aktivitas Spotify di PC/komputer

Cara menyembunyikan aktivitas di Spotify lewat PC/komputer (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara menyembunyikan aktivitas di Spotify lewat PC/komputer (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka aplikasi Spotify di PC/komputer
  • Pada bagian atas, terdapat panah bawah di sebelah username Spotify. Klik panah itu.
  • Pilih “Settings” atau “Pengaturan”
  • Gulir layar ke bawah sampai menemukan kolom “Social”
  • Terdapat tulisan “Share my listening activity on Spotify”, matikan mode tersebut. Apabila warnanya abu-abu, tandanya mode tersebut sudah dimatikan.
  • Bila ingin diaktifkan, klik kembali mode “Share my listening activity on Spotify”. Jika sudah berubah warna hijau, tandanya mode tersebut sudah diaktifkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.