Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Poke yang Sering Digunakan Pemain di Mobile Legends

Kompas.com - 08/01/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Game Mobile Legends: Bang Bang (Mobile Legends atau ML) tidak hanya menyajikan permainan online pertarungan 5vs5, tapi juga terdapat kebiasan-kebiasan unik para player (pemain) di dalamnya.

Contoh kebiasaan itu seperti penggunaan berbagai bahasa gaul saat bermain ML. Adapun salah satu bahasa gaul di ML yang kerap dipakai adalah “poke”. Sebagian dari Anda yang gemar main Mobile Legends mungkin tak asing lagi dengan kata ini.

Baca juga: Arti Kata My Shampoo and Conditioner Ran Out at the Same Time yang Viral di Medsos

Kata poke kerap terlontar di antara para player dan streamer game Mobile Legends. Kendati mungkin sudah sempat membaca atau mendengar kata ini, namun tahukah sebenarnya apa arti poke dalam ML?

Bila tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasan mengenai arti poke yang sering digunakan para pemain di Mobile Legends.

Arti poke di Mobile Legends

Secara harfiah, poke merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris yang bila diterjemahkan berarti “colek” atau “mencolek”. Di game-game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) sejenis Mobile Legends, poke punya arti yang lebih kontekstual.

Arti poke pada game MOBA adalah tindakan menyerang hero musuh sedikit demi sedikit menggunakan skill. Ibaratnya, hero musuh hanya ditowel atau dicolek untuk mengurangi darahnya secara perlahan.

Tindakan ini ditujukan agar daya tahan atau darah hero musuh berkurang sehingga meningkatkan peluang memenangkan momen pertarungan. Kemampuan poke ini tidak dimiliki oleh semua hero di game MOBA.

Hero poke biasanya adalah mereka yang punya skill-skil jarak jauh dengan waktu jeda (cooldown) singkat. Kalau di Mobile Legends, kemampuan poke itu rata-rata dimiliki oleh hero bertipe mage, seperti Nana, Cyclops, dan sebagainya.

Dengan arti poke yang seperti itu, kata ini tidak hanya digunakan di Mobile Legends. Pemain pada game MOBA lain, seperti Arena of Valor atau League of Legends, juga umum memakai kata poke untuk menyebut tindakan menyerang hero musuh sedikit demi sedikit.

Selain arti yang demikian, kata poke di Mobile Legends juga punya makna khusus, yaitu akronim atau singkatan dari “poin kecil”. Dalam makna itu, poke artinya mengacu pada torehan poin yang masih rendah atau kecil di mode permainan Ranked ML level Mythic.

Sebagaimana telah cukup umum diketahui, pada Ranked Mythic di ML, pemeringkatan pemain tidak lagi menggunakan bintang, melainkan poin, seperti Mythic 5 dengan poin 100, Mythic 4 dengan poin 200, dan seterusnya hingga naik ke Mythical Glory.

Setiap pemain yang memenangkan pertandingan bakal memperoleh tambahan poin untuk menaikkan tier atau peringkatnya. Pemain dengan poin rendah atau kecil itulah yang disebut sebagai poke.

Baca juga: Cara Beli Tiket M4 World Championship Mobile Legends di BliBli dan Daftar Harganya

Di ML, kata ini kerap dipakai untuk meledek pemain dengan poin kecil yang punya performa permainan buruk. Demikianlah penjelasan lengkap seputar arti poke yang sering digunakan pemain di Mobile Legends, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com