Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Update Android 13 di HP Samsung

Kompas.com - 08/01/2023, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah ponsel Samsung sudah mendapatkan update Android 13. Vendor ponsel asal Korea Selatan itu mulai menggulirkan Android 13 ke sejumlah lini Galaxy sejak Oktober 2022 lalu.

Saat itu, update Android 13 digulirkan bersamaan dengan One UI 5.0. Samsung rencananya akan menyebar update Android 13 ke lebih dari 80 ponselnya hingga April 2023 mendatang. Sehingga, saat ini masih ada beberapa ponsel Samsung Galaxy yang belum kebagian update Android 13.

Jika penasaran, tidak ada salahnya untuk mengecek lebih dulu apakah ponsel Samsung sudah mendapatkan update Android 13 atau belum. Apabila sudah kebagian update Android 13, Anda bisa langsung mengunduh dan menginstalnya.

Baca juga: 8 HP Samsung di Indonesia Sudah Bisa Update Android 13, Ini Daftarnya

Adapun cara mengecek apakah HP Samsung Anda sudah mendapat update Android 13 atau belum, bisa dilakukan dengan langkah berikut:

Ilustrasi update OneUI 5.0 berbasis Android 13 sudah bisa di-download di Samsung Galaxy S22 Ultra.KOMPAS.com/ Reza Wahyudi Ilustrasi update OneUI 5.0 berbasis Android 13 sudah bisa di-download di Samsung Galaxy S22 Ultra.

Cara update Android 13 di HP Samsung

  • Buka menu "Settings".
  • Klik "Software update".
  • Klik "Download and install".
  • Apabila sudah mendapatkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13, pengguna bakal melihat jendela seperti gambar di samping
  • Klik "Download"
  • Klik "Instal Now"

Sebelum update, pastikan dulu bahwa baterai ponsel masih mencukupi agar proses pembaruan software berjalan lancar.

Selain itu, pastikan pula kecepatan internet berjalan dengan stabil agar proses pengunduhan tidak memakan waktu terlalu lama. Pastikan juga masih ada cukup ruang penyimpanan di perangkat untuk mengunduh software.

Baca juga: Samsung Ungkap Mengapa Ponsel Galaxy Dapat Android 13 Lebih Cepat

Fitur Android 13 dengan antarmuka One UI 5.0

Android 13 membawa sejumlah fitur baru, seperti opsi tema warna yang lebih banyak, menggabungkan widget untuk menghemat ruang layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mede Samsung Dex yang lebih ditingkatkan.

Seperti disebutkan sebelumnya, Samsung menggulirkan Android 13 bersamaan dengan One UI 5.0. Di pembaruan ini, Samsung memberikan lebih banyak personalisasi yang ditingkatkan dan dijanjikan bakal lebih memudahkan penggunaan lintas perangkat Samsung Galaxy.

Beberapa fitur baru yang dibawa One UI 5.0 adalah gaya jam baru, pop up notifikasi yang berbeda dengan UI sebelumnya, hingga kemampuan untuk memotong video dan memasangnya di lockscreen (layar kunci).

Update ini memungkinkan pengguna ponsel Samsung untuk menikmati sejumlah fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih banyak, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang ditingkatkan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.