Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Bikin Teknologi Isi Ulang Baterai Cepat 240 Watt

Kompas.com - 08/01/2023, 18:42 WIB

KOMPAS.com - Realme memperkenalkan teknologi pengisian daya cepat (fast charging) yang kini diklaim sebagai yang tercepat di dunia, yakni “Fast Charge 240 Watt”.

Teknologi tersebut yang nantinya bakal dihadirkan ke smartphone terbaru bikinannya, Realme GT Neo 5.

Ponsel tersebut merupakan penerus dari Realme GT Neo 3, yang sudah dirilis lebih dulu pada Juni 2022 lalu di Indonesia. Sebelumnya, perRealme GT Neo 3 juga dilengkapi teknologi pengisian daya cepat, namun dengan keluaran daya 150 watt.

Dengan peningkatan nyaris dua kali lipat dari sebelumnya, teknologi terbaru ini diklaim menjadi yang tercepat di dunia, setidaknya untuk saat ini.

Baca juga: Realme 10 Pro Series 5G Rilis di Indonesia 10 Januari, Intip Spesifikasi Kuncinya

Meskipun demikian, Realme tidak mengungkapkan berapa durasi waktu yang dibutuhkan perangkat untuk mengisi daya baterai dari nol hingga penuh, jika menggunakan teknologi fast charging tersebut.

Akan tetapi, secara teknis perusahaan mengungkapkan beberapa teknologi khusus yang digunakan. Agar perangkat dalam terisi ulang dengan cepat, tanpa harus khawatir ada risiko overheat (suhu terlalu tinggi).

Pertama, teknologi yang diusung adalah “Three-Way 100 Watt Charge Pump Parallel Design”, yang memungkinkan kabel pengisian daya mengalirkan voltase input sebesar 20V/12A dan voltase output 10V/24A.

Teknologi tersebut juga diklaim mampu meningkatkan level konversi pengisian daya hingga 98,5 persen.

Untuk menyalurkan daya 12 V, kabel charging dirancang menggunakan kabel tembaga tebal berjenis 21AWG. Kebaruan ini yang membuat kabel pengisian daya tersebut dapat “membawa” atau menyalurkan daya 20 persen lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Teknologi kedua yang dihadirkan adalah menggunakan dual adaptor berbahan Gallium Nitride (GaN), sehingga memungkinkan adaptor untuk mendistribusikan daya 2,34 watt per cc.

Baca juga: Oppo Resmikan Teknologi 125W Fast Charge, Isi Baterai Penuh dalam 20 Menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.