Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Viral di Indonesia, Filter Snap Camera Segera Dihapus

Kompas.com - 09/01/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Snap, induk dari aplikasi Snapchat, kabarnya akan menutup aplikasi Snap Camera. Seperti namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi kamera yang dilengkapi dengan aneka filter unik.

Snap Camera bahkan pernah viral saat awal-awal pandemi, termasuk di Indonesia, karena dipakai untuk memoles tampilan menjadi unik, saat konferensi melalui aplikasi panggilan video Zoom. Sayangnya, aplikasi ini kini dihapus oleh perusahaan.

Keputusan ini diumumkan Snap melalui halaman dukungan Snap Camera. Menurut laman itu, aplikasi Snap Camera akan ditutup pada 25 Januari 2023. Artinya, hanya tersisa sekitar 2 pekan lagi sebelum riwayat Snap Camera tamat.

Notifikasi ini juga dipasang Snap pada aplikasi Snap Camera. Ketika aplikasi itu dibuka, pengguna akan disuguhkan pemberitahuan berbunyi "Kami memiliki beberapa kabar untuk dibagikan: Snap Camera tidak lagi tersedia mulai 25 Januari 2023. Pelajari lebih lanjut tentang rencana kami untuk Snap Camera di sini".

Baca juga: Induk Snapchat Bakal Mem-PHK 1.300 Karyawan

Setelah 25 Januari, aplikasi Snap Camera tidak akan tersedia lagi dan tidak bisa diunduh pengguna baik untuk pengguna Mac maupun PC.

Snap berkata bahwa pengguna masih bisa mengakses filter yang sama dengan Snap Camera melalui Snapchat versi web. Namun, platform ini berbeda dengan aplikasi Snap Camera yang tersedia sebelumnya.

Rilis sejak 2018 dan viral saat pandemi

Snap Camera dirilis tahun 2018 untuk mendukung pengguna Twitch. Namun, popularitas aplikasi ini baru melambung ketika pandemi melanda, atau ketika orang-orang mengandalkan panggilan video untuk berkomunikasi tanpa kontak fisik langsung.

Aplikasi ini menjadi hiburan tersendiri bagi pengguna di kala pandemi karena membuat tampilannya unik ketika video call dengan orang lain. Disebut unik karena Snap Camera menawarkan aneka filter menarik termasuk filter beragam hewan hingga makhluk luar angkasa alias alien.

Cara ini juga menjadi hiburan di tengah batasan pandemi yang dirasa membosankan.

Sayangnya, sejak tahun 2022, bisnis Snap lesu hingga harus memangkas karyawannya sampai 20 persen. Karena kondisi itu pula, Snap membatalkan sejumlah proyek termasuk proyek drone Pixy.

Baca juga: Tidak Hanya Instagram, Snapchat Juga Luncurkan Fitur Mirip Medsos BeReal

Pihak Snap sendiri tidak menjelaskan alasan perusahaan menutup aplikasi Snap Camera. Namun, kemungkinan alasannya adalah karena eksistensinya tak lagi sepopuler awal pandemi, terlebih karena berbagai aplikasi panggilan video juga sudah menyediakan filter sendiri, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (9/1/2023).

Ini termasuk Zoom yang menyediakan aneka filter bagi pengguna, seperti filter hewan atau memakai efek wajah yang unik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.