Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti, Fitur Always on Display iPhone 14 Tidak Bikin Boros Baterai

Kompas.com - 09/01/2023, 12:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Lifehacker

KOMPAS.com - Fitur Always-on display (AOD) di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memungkinkan perangkat tetap menampilkan sejumlah notifikasi meski layar dalam keadaan terkunci.

Aneka notifikasi yang dapat ditampilkan seperti jam, widget, wallpaper dengan pencahayaan yang agak diredupkan, bahkan sampai preview dari konten yang sedang didengarkan pengguna.

Beberapa waktu lalu, kehadiran fitur Always-on display (AOD) di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ini justru dinilai membuat baterai boros. Karena anggapan tersebut, Apple pun merilis pembaruan iOS 16.2 sebagai solusinya.

Namun, dalam pengujian yang dilakukan oleh YouTuber PhoneBuff, diketahui bahwa fitur AOD tidak membuat baterai iPhone 14 Pro Max menjadi boros.

Baca juga: Cara Menampilkan Avatar 3D di Always On Display Oppo Reno 7

Dalam pengujian itu, PhoneBuff menggunakan tiga unit iPhone 14 Pro Max. iPhone pertama diatur dengan AOD default dan wallpaper diaktifkan, iPhone kedua hanya mengaktifkan AOD dengan teks dan iPhone ketiga tanpa AOD aktif.

YouTuber itu juga mereset semua iPhone 14 Pro Max yang dipakai dalam pengujian, dan memasang mode pesawat serta mengatur pencahayaan ke pencahayaan rata-rata di ruangan. Kemudian ketiga ponsel dibiarkan standby selama 24 jam.

Hasilnya, iPhone 14 Pro Max dengan AOD dan wallpaper aktif mampu mempertahankan kapasitas daya 80 persen. Sementara iPhone kedua dengan AOD dan teks menyisakan daya 84 persen.

Pengujian daya baterai yang dihabiskan ketika fitur AOD iPhone 14 Pro Max diaktifkanPhoneBuff Pengujian daya baterai yang dihabiskan ketika fitur AOD iPhone 14 Pro Max diaktifkan
Jadi, bila fitur AOD default terpasang, daya yang terkuras hanya selisih sekitar 4 persen.

Menurut PhoneBuff, hasil itu didapat berkat dukungan refresh rate yang dinamis pada iPhone 14 Pro Max. Ponsel ini sendiri mendukung refresh rate layar hingga 120 Hz. Namun, ketika ponsel dalam keadaan standby, refresh rate-nya turun sampai 1 Hz saja.

Sementara baterai iPhone 14 Pro Max yang fitur AOD-nya tidak diaktifkan, masih tersisa 100 persen.

Baca juga: Pengguna iPhone Bisa Dibacakan Dongeng oleh Kecerdasan Buatan

Namun, perlu dicatat bahwa ponsel yang dipakai dalam pengujian ini diatur dalam mode pesawat, jadi tanpa terhubung ke wifi atau jaringan seluler.

Dalam skenario penggunaan sehari-hari pengguna, tentu saja hasilnya akan lebih rendah karena aktivitas lainnya yang berjalan di ponsel termasuk konektivitas internet.

Dalam kesempatan yang sama, PhoneBuff juga membandingkan AOD di iPhone 14 Pro Max dengan Samsung Galaxy S22 Ultra.

Hasilnya, kedua ponsel sama-sama menyisakan daya 84 persen ketika fitur AOD masing-masing diaktifkan. Video pengujiannya bisa Anda lihat melalui tautan berikut ini.

Dengan demikian, fitur AOD pada iPhone 14 Pro Max pada dasarnya tidak begitu membuat baterai iPhone boros karena daya yang terkuras tak lebih dari 20 persen dalam 24 jam.

Namun, bila pengguna ingin benar-benar menghemat baterai iPhone 14 Pro, menonaktifkan fitur AOD bisa menjadi opsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Lifehacker


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com