Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti, Fitur Always on Display iPhone 14 Tidak Bikin Boros Baterai

Kompas.com - 09/01/2023, 12:04 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Fitur Always-on display (AOD) di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memungkinkan perangkat tetap menampilkan sejumlah notifikasi meski layar dalam keadaan terkunci.

Aneka notifikasi yang dapat ditampilkan seperti jam, widget, wallpaper dengan pencahayaan yang agak diredupkan, bahkan sampai preview dari konten yang sedang didengarkan pengguna.

Beberapa waktu lalu, kehadiran fitur Always-on display (AOD) di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ini justru dinilai membuat baterai boros. Karena anggapan tersebut, Apple pun merilis pembaruan iOS 16.2 sebagai solusinya.

Namun, dalam pengujian yang dilakukan oleh YouTuber PhoneBuff, diketahui bahwa fitur AOD tidak membuat baterai iPhone 14 Pro Max menjadi boros.

Baca juga: Cara Menampilkan Avatar 3D di Always On Display Oppo Reno 7

Dalam pengujian itu, PhoneBuff menggunakan tiga unit iPhone 14 Pro Max. iPhone pertama diatur dengan AOD default dan wallpaper diaktifkan, iPhone kedua hanya mengaktifkan AOD dengan teks dan iPhone ketiga tanpa AOD aktif.

YouTuber itu juga mereset semua iPhone 14 Pro Max yang dipakai dalam pengujian, dan memasang mode pesawat serta mengatur pencahayaan ke pencahayaan rata-rata di ruangan. Kemudian ketiga ponsel dibiarkan standby selama 24 jam.

Hasilnya, iPhone 14 Pro Max dengan AOD dan wallpaper aktif mampu mempertahankan kapasitas daya 80 persen. Sementara iPhone kedua dengan AOD dan teks menyisakan daya 84 persen.

Pengujian daya baterai yang dihabiskan ketika fitur AOD iPhone 14 Pro Max diaktifkanPhoneBuff Pengujian daya baterai yang dihabiskan ketika fitur AOD iPhone 14 Pro Max diaktifkan
Jadi, bila fitur AOD default terpasang, daya yang terkuras hanya selisih sekitar 4 persen.

Menurut PhoneBuff, hasil itu didapat berkat dukungan refresh rate yang dinamis pada iPhone 14 Pro Max. Ponsel ini sendiri mendukung refresh rate layar hingga 120 Hz. Namun, ketika ponsel dalam keadaan standby, refresh rate-nya turun sampai 1 Hz saja.

Sementara baterai iPhone 14 Pro Max yang fitur AOD-nya tidak diaktifkan, masih tersisa 100 persen.

Baca juga: Pengguna iPhone Bisa Dibacakan Dongeng oleh Kecerdasan Buatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Lifehacker


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.