Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Satelit 2,5 Ton NASA Akan Jatuh ke Bumi | TikTok, IG, dkk Digugat Sekolah | Mitos iPhone yang Terpecahkan

Kompas.com - 10/01/2023, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang Senin (9/1/2023), ada sejumlah berita teknologi populer yang banyak menarik perhatian pembaca KompasTekno. Salah satunya adalah satelit milik Badan Antariksa AS, NASA yang disebut akan jatuh ke Bumi.

Selain itu, ada pula kabar soal beberapa media sosial seperti Instagram, TikTok, dll yang digugat sekolah di Seattle, AS. Media sosial populer itu dinilai mengganggu kesehatan mental siswa mereka.

Ada pula salah satu mitos iPhone yang akhirnya terpecahkan. Apakah itu? Simak penjelasannya di rangkuman berita teknologi terpopuler KompasTekno sepanjang Senin (9/1/2023).

Baca juga: [POPULER TEKNO] Fitur Baru TikTok yang Mirip YouTube | Bantal Ajaib Penghilang Stres | Fitur Baru WA, Simpan Chat yang Terhapus

Satelit 2,5 ton NASA jatuh ke Bumi

Badan antariksa AS, NASA mengumumkan melalui situs resminya bahwa satelit antik buatan tahun 1980-an milik mereka akan jatuh ke Bumi.

Setelah empat dekade mengorbit, satelit seberat hampir 2,5 ton itu diprediksi jatuh dan masuk ke atmosfer Bumi. Lembaga Aerospace Corporation memprediksi satelit NASA Earth Radiation Budget (ERBS) akan jatuh pada Senin 8 Januari pukul 10 malam waktu AS, atau Selasa 9 Januari pukul 10 pagi WIB

Lantas, apa risiko jatuhnya satelit NASA? Jawabannya ada di artikel "Satelit 2,5 Ton NASA Jatuh ke Bumi dalam Beberapa Jam Lagi".

Sebuah sekolah gugat TikTok, Instagram, dkk

Sebuah sekolah di Seattle (Seattle Public Schools/SPS), Amerika Serikat, menggugat sejumlah media sosial termasuk TikTok, YouTube, Facebook, Snap dan Instagram.

Dalam gugatan yang dilayangkan ke Pengadilan Distrik AS di Seattle itu, dikatakan bahwa media sosial sudah mengeksploitasi otak anak muda yang rentan, demi keuntungan perusahaan.

Facebook cs juga disebut menggunakan taktik psikologis sehingga berdampak pada krisis kesehatan mental di sekolah. Mereka juga mengaku mengalami kerugian secara finansial maupun operasional akibat kecanduan media sosial yang dialami siswa.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Sekolah di AS Gugat TikTok, Instagram, dkk karena Ganggu Kesehatan Mental Siswa".

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.