Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Disetop, Windows 7 dan Windows 8.1 Resmi Pensiun

Kompas.com - 10/01/2023, 08:01 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) Windows 7 dan Windows 8.1 akhirnya benar-benar pensiun per hari ini, Selasa (10/1/2023).

Kedua sistem operasi milik Microsoft itu tidak akan lagi menerima dukungan pembaruan. Secara teknis, pengguna memang masih bisa memakai Windows 7 maupun Windows 8.1.

Namun, karena dukungan dari Microsoft berakhir, maka pengguna tidak akan menerima pembaruan sistem maupun tambalan keamanan.

Dengan kata lain, per hari ini, pengguna Windows 7 dan 8.1 tidak akan menerima fitur baru. Pada aspek keamanan, pengguna akan lebih rentan terhadap ancaman keamanan siber karena tidak lagi memiliki perlindungan yang memadai.

Baca juga: Umur Browser Ini di Windows 7 Tinggal Sebulan Lagi

Sebagai gantinya, Microsoft menyarankan pengguna Windows 7 dan 8.1 untuk beralih ke perangkat yang mendukung OS Windows 11. Bila pengguna masih ingin memakai perangkat lawas, mereka bisa meng-upgrade ke OS Windows 10.

Perlu dicatat, dukungan untuk Windows 10 pun akan berakhir sekitar dua tahun lagi.

"Sebelum berinvestasi untuk upgrade ke Windows 10, pertimbangkan bahwa Windows 10 akan mencapai akhir masa dukungannya pada 14 Oktober 2025," kata Microsoft, dikutip KompasTekno dari situs Microsoft Support, Selasa (10/1/2023).

Windows 7 sendiri merupakan sistem operasi yang dirilis pada Oktober 2009.

Microsoft sebenarnya sudah menyetop dukungan untuk OS ini pada Januari 2015 dan kemudian diperpanjang sampai Januari 2020.

Meski secara teknis berakhir pada 2020 lalu, Windows 7 masih bisa menerima pembaruan melalui program berbayar Extended Security Update (ESU) hingga 2023 ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.