Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Fungsi Fitur Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 10/01/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, WhatsApp (WA) merilis fitur baru yakni proxy. Fitur ini agak berbeda dengan fitur baru WhatsApp pada umumnya, lantaran hanya akan berfungsi dalam kondisi tertentu. Misalnya, ketika akses internet diblokir atau layanan WhatsApp dibatasi karena situasi tertentu.

Jadi, fungsi proxy WhatsApp adalah memungkinkan pengguna untuk tetap bisa mengakses WA meskipun internet atau layanan diblokir pemerintah.

"Memilih proxy memungkinkan Anda terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi di seluruh dunia, didedikasikan untuk membantu orang berkomunikasi dengan leluasa," tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Sebelumnya, WhatsApp tidak merancang aplikasinya untuk bisa digunakan lewat proxy atau VPN. Hal itu sempat ditulis dalam laman dukungan WhatsApp. Setelah fitur proxy WhatsApp dirilis, ketentuan itu kemudian dihapus. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Masih Bisa Kirim Pesan meski Internet Diblokir

Cara kerja fitur proxy WhatsApp

Selama ini, proxy kerap digunakan untuk menerobos situs web yang diblokir. Secara umum, proxy adalah penengah antara perangkat dan internet yang biasanya terletak di antara komputer lokal dan jaringan internet yang digunakan pengguna.

Ketika menggunakan proxy, misalnya ketika Anda "googling", perintah itu akan dikirim ke proxy server terlebih dahulu.

Proxy server kemudian akan meneruskan perintah atau permintaan dari pengguna ke internet menggunakan alamat IP (IP address) dari proxy server, bukan IP pengguna. Kemudian, perintah tadi akan dikirimkan lagi dari proxy server ke pengguna.

Nah, cara kerja itu juga berlaku untuk proxy WhatsApp. Jadi, ketika layanan WhatsApp atau internet di suatu wilayah diblokir, pengguna masih bisa menggunakan WA lewat proxy server.

Hal ini akan memungkinkan komunikasi WhatsApp tetap bisa dilakukan melalui server proxy tersebut, sebagaimana dihimpun dari Sam Mobile. Namun, WhatsApp tidak menyediakan server proxy.

Pengguna yang berada di lokasi terisolir, harus memutar otak untuk mendapat koneksi sementara waktu untuk mencari proxy server yang bisa digunakan di wilayah mereka. Alternatifnya, mereka harus mencari cara menjangkau kerabat yang masih tersambung dengan internet untuk mendapatkan alamat proxy.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.