Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Registrasi Akun SNPMB 2023 di “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” buat Ikut SNBP

Kompas.com - 10/01/2023, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB 2023, resmi berjalan. Kini, program seleksi masuk perguruan tinggi negeri tersebut sedang berada di tahap pendaftaran atau registrasi akun SNPMB 2023.

Siswa SMA/SMK tingkat akhir yang hendak mengikuti SNBP (Seleksi Nasional Berdasar Prestasi) wajib memiliki akun SNPMB 2023 terlebih dahulu. Dalam SNPMB 2023, selain SNBP, terdapat pula jenis seleksi yang berdasarkan tes, yaitu SNBT.

Baca juga: Link SNBP 2023 untuk Cek Kuota Sekolah dan Jadwal Seleksinya

Sama halnya SNBP, siswa yang ingin mengikuti SNBT nantinya juga harus punya akun SNPMB 2023. Registrasi akun SNPMB 2023 untuk ikut seleksi SNBP digelar lebih awal ketimbang SNBT.

Dikutip dari laman resmi BPPP (Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan) selaku panitia penyelenggara, jadwal registrasi akun SNPMB 2023 untuk SNBP adalah 9 Januari - 15 Februari, sedangkan SNBT pada 16 Februari – 03 Maret.

Perlu diketahui, jadwal registrasi akun SNPMB 2023 untuk SNBP, mulanya tidak demikian. Jadwal itu dimajukan dari yang semula pada 16 Januari - 15 Februari. Dengan jadwal terbaru ini, siswa sekarang bisa mulai registrasi akun SNPMB 2023 buat ikut SNBP.

Lantas, bagaimana cara registrasi akun SNPMB 2023? Siswa bisa registrasi akun SNPMB 2023 melalui situs “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara registrasi akun SNPMB 2023 buat ikut SNBP.

Cara registrasi akun SNPMB 2023 buat ikut SNBP

  • Kunjungi link registrasi akun SNPMB 2023 ini https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Setelah website “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” terbuka, klik opsi “Daftar” dan pilih registrasi akun SNPMB 2023 untuk “Siswa”.
  • Selanjutnya, masukkan data NISN, NPSN, dan tanggal lahir siswa. Cara mendapatkan NISN dan NPSN bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “Cara Cek NISN dan NPSN Online buat Registrasi Akun SNPMB 2023”.
  • Kemudian, masukkan alamat e-mail aktif dan pilih opsi “Submit”.
  • Lalu, tautan aktivasi akun SNPMB 2023 bakal dikirim melalui alamat e-mail yang didaftarkan tadi. Klik tautan itu untuk mengaktivasi akun dan buat password.
  • Setelah memiliki akun, siswa wajib melakukan validasi dan verifikasi data.
  • Dalam proses itu, siswa harus melengkapi beberapa data diri serta mengunggah pasfoto dengan latar warna merah.
  • Terakhir, simpan permanen data tersebut dan unduh tanda bukti registrasi akun.

Itulah cara registrasi akun SNPMB 2023 di “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” untuk ikut SNBP yang bakal digelar pada 14 - 28 Februari 2023. Sebagai informasi tambahan, cara di atas bukan bersumber dari BPPP, melainkan kanal YouTube @dibidikmisicom.

Kanal tersebut sejatinya milik pihak yang mengatasnamakan sebagai alumni penerima program bantuan kuliah, Bidik Misi. Kanal itu tampaknya mendapat akses untuk melakukan uji coba registrasi akun SNPMB 2023.

Baca juga: Cara Daftar Sertifikasi Halal Gratis 2023 Online lewat SIHALAL, Ada 1 Juta Kuota

Sementara itu, hingga tulisan ini dibuat pada Selasa (10/1/2023), sekitar pukul 13.00 WIB, baik website maupun akun instagram resmi milik BPPP, belum mengumumkan satu pun panduan teknis terkait proses registrasi dan validasi akun SNPMB 2023 untuk siswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.