Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James Chen Mantan Pelatih RRQ Hoshi Pamit dari Dunia Mobile Legends

Kompas.com - 10/01/2023, 14:50 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan pelatih (coach) RRQ Hoshi, Chen Jui Teng, atau yang lebih dikenal dengan nama James Chen, resmi pamit undur diri dari skema e-sports Mobile Legends.

Kabar pengunduran diri ini disampaikan langsung oleh James melalui akun Instagram resminya dengan handle @rrq_jamesss.

Dalam sebuah unggahan, James mengatakan bahwa alasan ia mengundurkan diri dari dunia Mobile Legends adalah karena ia ingin fokus kepada keluarganya. 

Baca juga: Jadwal M4 Mobile Legends 10 Januari, Kesempatan RRQ Akira Bertahan

"Mengatakan selamat tinggal kepada dunia Mobile Legends adalah keputusan tersulit dalam hidup saya," ujar James, dikutip KompasTekno dari akun Instagram @rrq_jamesss, Selasa (10/1/2023).

"Namun, ibu saya pada pertengahan Oktober lalu baru saja menjalani operasi. Karena ini, saya sangat tergerak untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga saya dan memutuskan berhenti dari skema e-sports Mobile Legends," imbuh James.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by James Chen (@rrq_jamesss)

James tidak menyebut apakah ke depannya ia akan kembali ke dunia e-sports di game lainnya, atau mungkin mengejar karier di industri lain, atau tidak.

Namun sebelum pamit, James diketahui merupakan pelatih dari tim e-sports Mobile Legends asal Malaysia, Team SMG.

Baca juga: Arti Kata Poke yang Sering Digunakan Pemain di Mobile Legends

Dalam unggahan tadi, ia pun sekaligus berpamitan kepada para pemain profesional (pro player) yang ada di Team SMG seperti Sasa, Nuar, Xorn, Hatred, dan masih banyak lagi. 

Sebelum berpaling ke Team SMG, James juga sempat menjadi pelatih dari salah satu tim e-sports Mobile Legends terbesar di Indonesia, yaitu RRQ Hoshi, selama beberapa musim.  

Lalu, ia juga pernah dipercaya sebagai pelatih timnas Indonesia untuk Mobile Legends di ajang SEA Games 2021. Di tangan James, timnas Indonesia sukses menyabet gelar juara kedua dan menyumbang medali perak untuk Indonesia.

Mantan pemain profesional Onic Esports

James sebagai pemain profesional dari PSG.RRQ.Team RRQ James sebagai pemain profesional dari PSG.RRQ.

Jauh sebelum menjadi pelatih, James sebenarnya merupakan pro player veteran Mobile Legends di Indonesia. Ia sempat menjadi salah satu pro player yang bermain untuk Onic Esports (dahulu Onic.NV) pada 2018 lalu.

Kala itu, ia satu tim dengan pemain Alter Ego Esports saat ini yaitu "Udil", serta pemain RRQ Sena saat ini, yaitu "Psychoo. Di tim ini, James berhasil memenangkan beberapa gelar juara Mobile Legends, salah satunya adalah turnamen SEACA 2018.

Baca juga: Profil Onic Esports, Sang Jawara MPL ID S10

Setahun setelah kariernya di Onic.NV, pria kelahiran 1999 ini berpaling ke RRQ Hoshi (dahulu PSG.RRQ) pada 2019 lalu. Kala itu, ia satu tim dengan pro player veteran lainnya seperti "Lemon", "Liam", "Tuturu", dan "InstincT". 

Konon, pria kelahiran Taiwan ini mengalami kesulitan berkomunikasi di PSG.RRQ. Sebab, James tinggal di Singapura dan Bahasa Indonesia bukan merupakan bahasa utamanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com