Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Nomor Telkomsel Hangus dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya Kembali?

Kompas.com - 10/01/2023, 16:03 WIB

KOMPAS.com - “Mohon maaf, nomor kartu prabayar Anda sudah melewati masa tenggang”.

Kira-kira seperti itulah suara yang muncul, ketika melakukan panggilan suara menggunakan kartu prabayar operator seluler Telkomsel yang sudah lewat masa tenggang atau sudah hangus.

Dengan kondisi seperti itu, perangkat Anda tidak dapat mengirimkan pesan atau melakukan panggilan suara ke nomor lain. Sebagian pengguna mungkin pernah mengalami hal tersebut dan mempertanyakan alasan nomor seluler miliknya bisa hangus.

Dilansir dari Telkomsel.com, Rabu (4/1/2023), nomor yang sudah hangus (expired) adalah kondisi di mana nomor Telkomsel PraBayar yang dimiliki sudah melewati masa tenggang.

Hal ini bisa disebabkan karena pengguna tidak melakukan pengisian pulsa atau pembelian paket paket saat masa tenggang.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Trafik Broadband Telkomsel Naik 11,6 Persen

Masa tenggang adalah periode setelah pulsa atau paket internet yang dimiliki habis. Masa tenggang merupakan kesempatan pengguna untuk segera memperpanjang masa aktif kartu, agar tidak hangus.

Ketika melewat batas tenggang, nomor tersebut akan dinyatakan oleh hangus dan pengisian pulsa tidak bisa dilakukan. Hal tersebutlah yang menyebabkan Anda tidak dapat melakukan panggilan suara, mengirim pesan, hingga mengakses kuota internet.

“Jika Anda tidak mengaktifkannya kembali, Anda tidak dapat menggunakan nomor Anda kembali dan data Anda akan terhapus oleh sistem, setelah melewati periode waktu yang ditentukan oleh Telkomsel,” begitulah yang tertulis di laman resmi Telkomsel.

Namun, tidak perlu khawatir, karena pengguna masih dapat memperpanjang masa aktif kartu melalui layanan reaktivitasi nomor. Dengan catatan, nomor yang sudah hangus tidak melewati maksimal 60 hari dari masa tenggang.

Misalnya, masa tenggang yang diberlakukan jatuh di tanggal 4 Januari 2023. Syarat reaktivasi masih dapat dilakukan maksimal 60 hari setelahnya atau sekitar 4 Maret 2023 mendatang.

Baca juga: Cara Tukar Poin Telkomsel dengan Langganan Disney+ Hotstar via MyTelkomsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.