Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Game di Cabor E-sports SEA Games 2023, Valorant Masuk Free Fire Tersingkir

Kompas.com - 11/01/2023, 08:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

 

KOMPAS.com - Pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games 2023, bakal digelar di Kamboja pada 5-17 Mei mendatang. Dalam perhelatan tersebut, e-sports akan kembali dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga.

Asosiasi Esports Kamboja mengumumkan rincian game yang akan menjadi nomor di cabang olahraga e-sports SEA Games 2023 mendatang. Ada enam game yang akan dipertandingkan. Jumlah ini berkurang dari SEA Games 2021 yang mempertandingkan sebanyak delapan game.

Keenam game tersebut mencakup Crossfire, League of Legends: Wild Rift, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Valorant, dan Attack Online 2.

Baca juga: 10 Tim E-sports Terpopuler di Dunia 2022, Tiga dari Indonesia

Game yang dipertandingkan pada SEA Games 2021 yaitu FIFA Online 4, League of Legends, Arena of Valor, dan Free Fire tidak lagi dipertandingkan lagi di SEA Games 2023.

Game tersebut kini digantikan oleh dua game yang baru dikompetisikan perdana di SEA Games 2023, yaitu Valorant dan Attack Online 2.

Valorant adalah game tactical shooter buatan Riot Games, sementara Attack Online 2 merupakan salah satu game peperangan yang cukup populer di Kamboja.

Nah, dari keenam game yang dipertandingkan di SEA Games 2023 ini, cabor e-sports sendiri akan menyuguhkan sembilan kategori pertandingan.

Dari semua kategori pertandingan tersebut, hanya satu yang bakal mempertandingkan atlet e-sports wanita, yaitu dari cabor e-sports Mobile Legends. Sisanya, yaitu delapan nomor pertandingan, akan dipertandingkan oleh atlet e-sports pria.

Baca juga: Sejarah E-sports di Dunia, Turnamen dan Game Pertama hingga Masuk Cabang Olahraga

Selengkapnya, berikut nomor dan kategori pertandingan cabor e-sports yang akan dikompetisikan di SEA Games 2023, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Escharts.com, Rabu (11/1/2023).

  1. Crossfire (Beregu Pria)
  2. League of Legends: Wild Rift (Beregu Pria)
  3. Mobile Legends: Bang Bang (Beregu Pria)
  4. Mobile Legends: Bang Bang (Beregu Wanita)
  5. PUBG Mobile (Beregu Pria)
  6. PUBG Mobile (Individu Pria)
  7. Valorant (Beregu Pria)
  8. Attack Online 2 (Beregu Pria)
  9. Attack Online 2 (Individu Pria)

Seperti diketahui, Indonesia sendiri selalu mengirimkan perwakilan untuk cabor e-sports sejak 2019 lalu.

Namun, belum bisa dipastikan tim atau atlet e-sports dari nomor pertandingan mana saja yang akan dikirimkan pemerintah untuk mewakili Tanah Air di ajang SEA Games 2023. Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Escharts


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.