Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Background Foto untuk Registrasi Akun SNPMB 2023

Kompas.com - 11/01/2023, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Program seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau SNPMB 2023, resmi berjalan. Dalam SNPMB 2023, terdapat dua jenis seleksi, yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Supaya bisa mengikuti SNBP atau SNBT, siswa tingkat akhir SMA/SMK wajib melakukan registrasi akun SNPMB 2023 terlebih dahulu. Registrasi akun untuk SNBP dimulai dari 9 Januari hingga 15 Februari 2023.

Baca juga: Cara Registrasi Akun SNPMB 2023 di “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” buat Ikut SNBP

Sedangkan SNBT, pelaksanaan registrasi akunnya baru dilakukan pada 16 Februari hingga 03 Maret 2023. Siswa bisa melakukan registrasi akun SNPMB 2023 buat ikut SNBP atau SNBT melalui situs “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”.

Untuk diketahui, dalam proses registrasi akun SNPMB 2023, siswa nantinya diminta untuk melakukan verifikasi dan validasi data. Pada proses itu, siswa wajib mengisi data diri dengan benar.

Kemudian, siswa juga wajib mengunggah pasfoto formal yang sesuai dengan ketentuan. Adapun rincian ketentuan pasfoto SNPMB 2023 adalah sebagai berikut:

  • Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm
  • Pasfoto memiliki resolusi minimal 200px x 300px dan rasio 2:3
  • File pasfoto minimal berukuran 80 Kb hingga maksimal 300 Kb
  • File pasfoto harus berformat JPG/JPEG/PNG
  • Background (latar) pasfoto polos dengan warna apa saja, lazimnya biru atau merah
  • Posisi kepala dan badan tegak sejajar dengan wajah tampak jelas
  • Orientasi pasfoto adalah vertikal
  • Kualitas foto harus tajam dan fokus

Dalam hal pasfoto SNPMB 2023 dengan background warna polos, bila belum memilikinya maka siswa dapat melakukan pengeditan sendiri. Lantas, bagaimana cara mengganti background foto agar bisa berwarna polos sesuai ketentuan registrasi akun SNPMB 2023?

Mengganti background foto jadi warna polos pada dasarnya bisa dilakukan di ponsel secara mudah dan gratis dengan memanfaatkan dua aplikasi, yaitu Background Eraser dan Canva. Background Eraser digunakan buat menghapus latar foto.

Sedangkan Canva, fungsinya untuk menggabungkan foto pada background baru dengan warna polos. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengganti background foto menjadi berwarna polos dengan mudah buat registrasi akun SNPMB 2023.

Cara mengganti background foto untuk registrasi akun SNPMB 2023

1. Menghapus background foto via Background Eraser

  • Unduh aplikasi Background Eraser di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Bila telah punya, silakan buka Background Eraser dan pilih opsi “Load a Photo”.
  • Izinkan aplikasi untuk mengakses galeri ponsel dan pilih pasfoto formal yang hendak dihapus background-nya.
  • Selanjutnya, klik opsi “Done” dan background di pasfoto bakal dihapus otomatis.
  • Setelah dihapus, pasfoto hanya menyisakan bagian objek wajah dan badan, tanpa ada background.
  • Terakhir, simpan pasfoto dengan bagian latar yang telah dihapus itu.

Ilustrasi cara menghapus background foto melalui Background Eraser.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus background foto melalui Background Eraser.

2. Menggabungkan pasfoto ke background warna polos di Canva

  • Unduh aplikasi Canva di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Lalu, buka dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah itu, klik ikon tambah dan pilih opsi “Ukuran Khusus” untuk membuat bingkai yang akan jadi bidang latar pasfoto yang baru. Buat ukuran bingkai yang sesuai dengan ketentuan pasfoto, yaitu 4 cm x 6 cm.
  • Setelah itu, bakal muncul halaman pengeditan bingkai.
  • Pada halaman itu, klik bingkai dan pilih menu “Warna”.
  • Pilih warna merah atau biru untuk mengisi bingkai tersebut.
  • Setelah bingkai terisi dengan warna polos, silakan klik ikon tambah dan pilih menu “Unggahan”. Kemudian, unggah pasfoto tanpa background yang tadi telah dibuat di Background Eraser dan disimpan ke galeri ponsel.
  • Bila telah terunggah ke Canva, klik pasfoto tersebut. Pasfoto bakal diletakkan pada bingkai warna merah yang telah dibuat sebelumnya.
  • Atur dan sesuaikan letak pasfoto pada bingkai warna polos di Canva.
  • Bila posisinya dirasa telah pas, klik ikon untuk mengunduh. Sebelum diunduh, pastikan format file yang digunakan adalah JPG/JPEG/PNG sesuai dengan ketentuan registrasi akun SNPMB 2023.
  • Background pasfoto kini berhasil diganti dengan warna polos.
  • Seandainya ukuran file pasfoto terlalu besar, siswa dapat memperkecilnya dengan berbagai cara, salah satunya bisa melalui website “iloveimg.com”.

Ilustrasi cara menggabungkan pasfoto pada background warna polos di Canva.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggabungkan pasfoto pada background warna polos di Canva.

Baca juga: Link SNBP 2023 untuk Cek Kuota Sekolah dan Jadwal Seleksinya

Cukup mudah bukan mengganti background foto? Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara mengganti background foto jadi warna polos untuk keperluan registrasi akun SNPMB 2023, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.