Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Masuk Buku Guinness World Records

Kompas.com - Diperbarui 13/01/2023, 09:55 WIB

KOMPAS.com - Nama Elon Musk masuk dalam buku Guinness World Records. Pasalnya, CEO Tesla sekaligus Twitter itu memecahkan rekor dunia sebagai orang yang paling banyak kehilangan harta kekayaan pribadi sepanjang sejarah dunia.

Rekor tersebut diumumkan langsung oleh Guinness World Records dalam sebuah postingan di blog resmi serta sebuah twit di akun Twitter dengan handle @GWR.

Dalam blognya, Guinness World Records mengutip laporan Forbes yang menyebutkan bahwa Elon Musk telah kehilangan duit sekitar 182 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.831,8 triliun sejak November 2021.

Laporan lain ada yang mengatakan bahwa total kekayaan bersih (net worth) Musk yang menguap mendekati 200 miliar dollar AS atau setara Rp 3.111,9 triliun.

Baca juga: Kekayaan Bos-bos Teknologi Dunia Luntur Sepanjang 2022, Elon Musk Paling Anjlok

Guiness mengatakan, angka pasti total kekayaan Musk yang luntur memang hampir tidak mungkin untuk dipastikan. Namun, yang jelas, total kerugian Musk sudah jauh melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh investor teknologi Jepang Masayoshi Son pada tahun 2000.

Sebelumnya, Masayoshi Son memegang rekor tersebut karena kehilang duit sebesar 58,6 miliar dollar AS.

Dalam kasus Masayoshi Son, kekayaan bersih CEO Softbank ini turun dari puncak 78 miliar dollar AS pada Februari 2000 menjadi 19,4 miliar dollar AS pada Juli di tahun yang sama. Kekayaan Masayoshi Son luntur gara-gara kehancuran dot-com saat itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Guinness World Records, Rabu (11/1/2023).

Sedangkan dalam kasus Elon Musk, kekayaan bersih pemilik Twitter ini menguap, sebagian besar disebabkan oleh harga saham Tesla yang anjlok.

Menurut data di Google Finance, harga saham Tesla telah terjun bebas 71,82 persen sepanjang tahun 2022. Saham Tesla diperdagangkan di level 399 dollar AS pada 3 Januari, turun ke level 112 dollar AS pada 28 Desember di tahun 2022 yang sama.

Baca juga: Kekayaan Elon Musk Menguap Rp 134 Triliun dalam Sehari

Sementara menurut laporan Business Insider, harga saham Tesla semakin anjlok (sekitar 50 persen), ketika Elon Musk menyelesaikan transaksi akuisisi Twitter senilai 44 miliar dollar AS.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.