Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Powerbank Terbakar di Kabin Pesawat, 2 Orang Terluka

Kompas.com - 12/01/2023, 09:17 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah powerbank terbakar di pesawat Airbus A320neo maskapai Scoot, saat pesawat sedang berjalan menuju runway di bandara Taoyuan, Taiwan. Pesawat tersebut sejatinya akan menempuh rute Taiwan-Singapura pada Selasa (10/1/2023).

Insiden itu terjadi sesaat sebelum pesawat lepas sekitar pukul 19.40 waktu setempat. Berdasarkan video yang beredar, terbakarnya powerbank penumpang membuat penumpang lain panik.

Sementara pramugari maskapai berupaya mengatasi masalah itu dengan menyemprotkan bahan pemadam api, menghasilkan asap yang cukup tebal di kabin pesawat.

Baca juga: Aturan Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk ke Pesawat

Powerbank terbakar di kabin pesawat ScootFacebook Wanghauyu Powerbank terbakar di kabin pesawat Scoot

Saat insiden berlangsung, pihak bandara juga dilaporkan mengerahkan petugas pemadam kebakaran untuk mengatasinya.

Akibat insiden ini, dua orang mengalami luka bakar ringan pada bagian jari mereka. Namun keduanya sudah mendapat perawatan medis. Belum diketahui juga jenis powerbank yang terbakar, dan mengakibatkan kepanikan ini.

Adapun pesawat milik Scoot kembali parkir ke tempat semula setelah insiden ditangani, dan guna meminimalisir risiko lebih lanjut. Pihak maskapai memastikan bahwa pesawatnya kembali dalam keadaan yang kondusif.

Baca juga: Powerbank Meledak di Pesawat Kembali Terjadi, Video Beredar Viral

"Penerbangan Scoot TR993 yang beroperasi dari Taipei ke Singapura pada 10 Januari, kembali ke gerbang (gate) setelah powerbank milik penumpang mengalami overheat saat pesawat masih berada di landasan," demikian keterangan Scoot dikutip KompasTekno dari Channel News Asia (CNA), Kamis (12/1/2023).

Insiden terbakarnya powerbank di pesawat Scoot ini diklaim tidak mengganggu lalu lintas di bandara Taoyuan.

Pasca insiden itu, Scoot menjadwalkan ulang penerbangan ke Singapura. Pihak maskapai juga menyediakan fasilitas akomodasi dan makanan bagi penumpang yang terdampak.

Penyebab terbakarnya powerbank milik penumpang Scoot sendiri belum dapat diidentifikasi. Adapun Scoot menyatakan pihaknya sedang menyelidiki penyebab powerbank terbakar di kabin pesawatnya.

Baca juga: Video Kepanikan Penumpang Saat Powerbank Terbakar di Kabin Pesawat

"Scoot dengan tulus meminta maaf atas insiden yang terjadi. Keselamatan pelanggan dan kru kami adalah prioritas utama kami," ujar pihak Scoot sembari menambahkan pihaknya melakukan upaya penyelidikan.

Sebelumnya pada tahun 2018, sebuah powerbank juga terbakar dalam penerbangan China Southern Airlines dari Guangzhou ke Shanghai pada Minggu (25/2/2018). Akibatnya, semua penumpang harus turun dari pesawat.

China Southern Airlines saat itu mengatakan, penumpang pesawat dengan nomor penerbangan CZ3539 itu melihat asap dan api yang berasal dari tas penumpang. Kebakaran tersebut berhasil diatasi dengan bantuan departemen kebakaran dan keamanan.

Namun akibat insiden itu, penerbangan China Southern Airlines tertunda hingga tiga jam menggunakan pesawat pengganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com