Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Baru yang Ditunggu-tunggu Pengguna

Kompas.com - 12/01/2023, 11:30 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - WhatsApp kabarnya sedang menyiapkan serangkaian fitur baru. Salah satunya adalah fitur yang banyak ditunggu pengguna, yakni transfer chat tanpa perlu backup terlebih dahulu.

Biasanya, untuk memindahkan chat WA ke ponsel baru, pengguna wajib melakukan backup lewat Google Drive terlebih dahulu. Kemudian, hasil backup dari ponsel lama tersebut di-restore di ponsel baru.

Nah, cara ini tentu memerlukan waktu yang lebih lama. Apalagi, jika jumlah history chat yang di-backup dalam jumlah besar dan koneksi internet saat melakukan backup lambat.

Baca juga: Apa Fungsi Fitur Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Kerjanya?

WABetaInfo menemukan fitur ini di WhatsApp beta Android versi 2.23.1.25 dan 2.23.1.26.

Dalam bocoran gambar screenshot yang dibagikan, untuk menggunakan fitur transfer chat tanpa backup pengguna hanya perlu memindai (scan) kode QR untuk mengalihkan data WhatsApp ke perangkat Android yang baru.

WhatsApp diketahui tengah mempersiapkan fitur untuk memindahkan riwayat percakapan dari perangkat lama ke perangkat baru tanpa perlu backup di cloud. WABetaInfo WhatsApp diketahui tengah mempersiapkan fitur untuk memindahkan riwayat percakapan dari perangkat lama ke perangkat baru tanpa perlu backup di cloud.

Jika fitur ini dirilis, akan dibuat lebih praktis lagi dibanding cara transfer data yang sudah ada.

Menu transfer data itu nantinya akan tersedia dalam menu Pengaturan (Setting) > Obrolan (Chat) > Transfer chat ke Android > pindai kode QR yang tersedia.

Fitur lain

Selain transfer data, aplikasi pesan instan itu juga dilaporkan sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna melaporkan WA Status yang melanggar pedoman WhatsApp. Sebab, selama ini konten yang bisa dilaporkan baru meliputi kontak atau media tertentu.

Fitur lainnya yang sedang dirancang WhatsApp yaitu fitur untuk menyimpan pesan yang sebelumnya dihilangkan dari sistem WhatsApp. Berikut rinciannya.

Melaporkan WA Status

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.