Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingkah Angka Megapiksel di Kamera HP?

Kompas.com - 12/01/2023, 11:47 WIB

KOMPAS.com - Memiliki smartphone dengan kamera beresolusi tinggi mungkin akan sangat menyenangkan bagi pengguna yang gemar mengabadikan momen. Ditambah, beberapa smartphone yang dirilis belakangan ini juga mengunggulkan sektor fotografinya.

Mulai dari kamera beresolusi 32 MP, 48 MP, hingga ada yang menawarkan kamera 108 MP. Namun, apakah benar angka megapiksel yang dimiliki kamera memiliki korelasi dengan kualitas foto yang dihasilkan?

Dilansir KompasTekno dari Android Police, Rabu (11/1/2023), ternyata tingginya angka megapiksel yang ditawarkan tidak dapat menjanjikan kualitas foto yang jernih. Ada sejumlah aspek lain yang juga memiliki peran penting untuk menunjang kamera agar dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Baca juga: Realme 10 Pro dan Realme 10 Pro Plus Meluncur, Ponsel 5G Kamera 108 MP

Sebab, untuk bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi, perlu adanya gabungan antara teknologi hardware dan software dalam perangkat. Selain itu, aspek cahaya juga memiliki peran penting untuk seluruh kamera.

Nah, untuk memahami konsep cahaya dalam kamera, Anda harus paham dulu teknis sebuah kamera.

Faktor yang memengaruhi kualitas kamera HP

Aperture/diafragma

Modul kamera berteknologi multiple-aperture buatan LinXPetaPixel Modul kamera berteknologi multiple-aperture buatan LinX
Umumnya, memotret menggunakan kamera profesional memungkinkan penggunanya untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke sensor. Kemampuan tersebut dimliiki oleh aperture, atau biasa dikenal dengan sebutan “bukaan lensa” (misal: f/1.8).

Dengan kemampuan mengatur cahaya, hasil foto yang diambil bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin kecil angka bukaannya (misal f/1.8), maka semakin banyak cahaya yang masuk.

Begitu sebaliknya, semakin tinggi angka bukaannya (misal f/13), cahaya yang masuk akan semakin minim. Kebanyakan smartphone masih belum dibekali fitur ini.

Baca juga: Apa Itu Fitur Anti-Banding di Kamera Smartphone dan Apa Fungsinya?

Hanya ponsel-ponsel tertentu saja yang baru dibekali teknologi tersebut. Sebut saja ponsel kelas atas bikinan Samsung dari keluarga S-series atau smartphone Huawei Mate 50 series.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.