Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru, Pengguna Zoom di Indonesia Bisa Meeting Pakai Avatar 3D

Kompas.com - Diperbarui 13/01/2023, 08:31 WIB

KOMPAS.com - Pengguna layanan video conferencing Zoom bisa rapat alias meeting dengan cara baru, yakni menggunakan avatar 3D dengan tampilan manusia yang bisa didesain sendiri oleh penggunanya.

Hal ini dimungkinkan dengan fitur baru Zoom human Avatar (avatar manusia) yang baru dirilis belum lama ini. Fitur ini melengkapi fitur Avatar hewan yang sudah lebih dulu hadir di Zoom.

Pengguna Zoom di Indonesia juga sudah bisa menjajal fitur Zoom Avatar ini. Ini membuat pengguna Zoom memiliki lebih banyak opsi ketika hadir di Zoom meeting.

Baca juga: Viral Avatar Lensa AI, Apa Itu dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Dengan fitur avatar manusi terbaru ini, pengguna bisa hadir dengan versi virtual dirinya. Sebab, pengguna bisa memilih bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, hingga pakaian dan aksesori kepada sesuai keinginannya.

Nantinya, avatar yang dibikin pengguna bisa menirukan ekspresi wajah pengguna ketika Zoom meeting. Misalnya, menirukan gerakan memiringkan kepala hingga ekspresi senyum, manyun, mengangkat alis.

Zoom berharap, kehadiran fitur human avatar ini bisa menjadi fitur yang menambah keseruan pengguna saat rapat online. Di samping itu, fitur ini bakal sangat berguna bagi pengguna yang malas bersolek ketika rapat online.

Cara pasang avatar manusia 3D saat Zoom meeting

Pantauan KompasTekno, Kamis (12/1/2023), fitur Zoom Avatar sudah tersedia di aplikasi Zoom desktop versi paling baru, yakni 5.13.4 (11835).

Baca juga: Cara Membuat Link Whatsapp Call Mirip Zoom

Untuk mendapatkan fitur Zoom Avatar, pengguna perlu memperbarui (update) Zoom dengan cara sebagai berikut:

Tangkapan layar update aplikasi Zoom desktop yang membawa fitur baru human Avatar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar update aplikasi Zoom desktop yang membawa fitur baru human Avatar.

  • Buka aplikasi Zoom desktop
  • Masuk atau sign in
  • Klik foto profil di pojok kanan atas
  • Pilih "Check for Updates"
  • Klik "Update"
  • Lalu "Install"

Bila sudah update ke Zoom desktop versi 5.13.4 (11835), pengguna Zoom bisa membuat avatar manusia mirip dengan dirinya dengan cara sebagai berikut:

Cara membuat human avatar di Zoom. Pengguna bisa membuat avatar 3D dengan memilih bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, hingga pakaian dan aksesori kepada sesuai keinginannya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara membuat human avatar di Zoom. Pengguna bisa membuat avatar 3D dengan memilih bentuk wajah, mata, hidung, alis, bibir, hingga pakaian dan aksesori kepada sesuai keinginannya.

  • Saat di dalam ruang meeting, klik "^" di menu "Stop Video"
  • Pilih "Choose Avatar"
  • Di tab "Avatars (Beta), klik ikon "+" (Creat new avatar) untuk membuat avatar baru
  • Pilih warna kulit, bentuk wajah, bentuk rambut, warna rambut, bentuk alis, bentuk bibir, warna bibir, hingga pakaian dan aksesori pelengkap sesuai keinginan pengguna
  • Klik "Done" untuk menyimpan avatar
  • Setelah itu, avatar 3D siap untuk digunakan ketika Zoom meeting.

Bakal ada reaksi emoji dan utas percakapan

Dua fitur baru yang akan datang ke Zoom, yaitu reakse emoji dan utas percakapan di chat Zoom.dok. Zoom Dua fitur baru yang akan datang ke Zoom, yaitu reakse emoji dan utas percakapan di chat Zoom.
Dalam postingan di blog resminya, selain mengumumkan fitur baru Zoom Avatar, Zoom juga merinci dua fitur baru yang akan datang di akhir bulan ini.

Baca juga: Harga Saham Zoom Anjlok 90 Persen dari Rekor Tertinggi

Kedua fitur baru yang akan segera hadir adalah emoji reaksi dan utas percakapan di ruang obrolan (chat).

Nantinya, pengguna bisa merespons pesan pengguna di ruang obrolan dengan emoji, mirip seperti reaksi di WhatsApp dan direct message (DM) Instagram.

Selain itu, pengguna juga bakal bisa melihat utas percakapan di chat. Ini memudahkan pengguna melihat alur percakapan di chat secara lebih jelas, termasuk membalas komentar dari pengguna lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.