Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Menerima E-mail Aktivasi Akun SNPMB Usai Registrasi? Begini 3 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/01/2023, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Rangkaian program Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB 2023) mulai berjalan. Saat ini, proses SNPMB 2023 sampai pada tahap pendaftaran atau registrasi akun di website “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”.

Registrasi akun SNPMB untuk jenis seleksi berdasarkan prestasi atau SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) sudah digelar sejak 9 Januari kemarin dan bakal berakhir pada 9 Februari 2023.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto untuk Registrasi Akun SNPMB 2023

Selain SNBP, dalam SNPMB 2023, terdapat pula jenis seleksi yang berdasarkan tes, yaitu SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Jadwal registrasi akun SNPMB untuk SNBT sendiri baru digelar pada 16 Februari hingga 3 Maret 2023.

Sebelum ikut SNBP atau SNBT, setiap siswa tingkat akhir SMA/SMK wajib melakukan registrasi akun SNPMB terlebih dahulu di “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”. Akun tersebut berfungsi untuk mendapatkan kartu peserta, memantau proses seleksi, dan sebagainya.

Untuk cara registrasi akun SNPMB, siswa tinggal mengunjungi “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” dan klik opsi “Daftar”. Kemudian, memasukkan data NISN, NPSN, tanggal lahir, dan alamat e-mail aktif.

Setelah itu, siswa bakal menerima e-mail berisi tautan aktivasi akun SNPMB. Bila telah diaktivasi, siswa dapat melanjutkan untuk login akun di “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” dengan alamat e-mail dan password yang telah didaftarkan.

Bila dilihat sekilas, proses registrasi akun SNPMB bisa dibilang cukup mudah. Kendati demikian, terdapat satu masalah yang cukup banyak dijumpai siswa saat melakukan registrasi akun SNPMB.

Adapun masalah itu adalah e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul setelah registrasi. Pada salah satu unggahan dari akun resmi Instagram milik panitia penyelenggara dengan handle @_snpmbbppp, dapat dijumpai beberapa keluhan terkait masalah ini.

Tangkapan layar keluhan terkait masalah tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB yang terdapat di kolom komentar salah satu postingan akun instagram milik BPPP.instagram.com/_snpmbbppp Tangkapan layar keluhan terkait masalah tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB yang terdapat di kolom komentar salah satu postingan akun instagram milik BPPP.

Beberapa pengguna tampak menyampaikan keluhan yang serupa di kolom komentar, yaitu tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB usai melakukan registrasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul?

Bila tengah mengalami juga masalah yang sama, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul, sebagaimana dilansir akun Instagram @_snpmbbppp.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.