Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Menerima E-mail Aktivasi Akun SNPMB Usai Registrasi? Begini 3 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/01/2023, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Rangkaian program Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB 2023) mulai berjalan. Saat ini, proses SNPMB 2023 sampai pada tahap pendaftaran atau registrasi akun di website “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”.

Registrasi akun SNPMB untuk jenis seleksi berdasarkan prestasi atau SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) sudah digelar sejak 9 Januari kemarin dan bakal berakhir pada 9 Februari 2023.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto untuk Registrasi Akun SNPMB 2023

Selain SNBP, dalam SNPMB 2023, terdapat pula jenis seleksi yang berdasarkan tes, yaitu SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Jadwal registrasi akun SNPMB untuk SNBT sendiri baru digelar pada 16 Februari hingga 3 Maret 2023.

Sebelum ikut SNBP atau SNBT, setiap siswa tingkat akhir SMA/SMK wajib melakukan registrasi akun SNPMB terlebih dahulu di “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id”. Akun tersebut berfungsi untuk mendapatkan kartu peserta, memantau proses seleksi, dan sebagainya.

Untuk cara registrasi akun SNPMB, siswa tinggal mengunjungi “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” dan klik opsi “Daftar”. Kemudian, memasukkan data NISN, NPSN, tanggal lahir, dan alamat e-mail aktif.

Setelah itu, siswa bakal menerima e-mail berisi tautan aktivasi akun SNPMB. Bila telah diaktivasi, siswa dapat melanjutkan untuk login akun di “snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” dengan alamat e-mail dan password yang telah didaftarkan.

Bila dilihat sekilas, proses registrasi akun SNPMB bisa dibilang cukup mudah. Kendati demikian, terdapat satu masalah yang cukup banyak dijumpai siswa saat melakukan registrasi akun SNPMB.

Adapun masalah itu adalah e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul setelah registrasi. Pada salah satu unggahan dari akun resmi Instagram milik panitia penyelenggara dengan handle @_snpmbbppp, dapat dijumpai beberapa keluhan terkait masalah ini.

Tangkapan layar keluhan terkait masalah tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB yang terdapat di kolom komentar salah satu postingan akun instagram milik BPPP.instagram.com/_snpmbbppp Tangkapan layar keluhan terkait masalah tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB yang terdapat di kolom komentar salah satu postingan akun instagram milik BPPP.

Beberapa pengguna tampak menyampaikan keluhan yang serupa di kolom komentar, yaitu tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB usai melakukan registrasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul?

Bila tengah mengalami juga masalah yang sama, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul, sebagaimana dilansir akun Instagram @_snpmbbppp.

Cara mengatasi e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul

Idealnya, siswa bakal memperoleh e-mail aktiviasi akun SNPMB dalam waktu maksimal 1x24 jam setelah melakukan registrasi. Bila dalam rentang waktu tersebut tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB, terdapat tiga cara yang bisa dilakukan.

  1. Coba untuk registrasi ulang dengan alamat e-mail yang sama
  2. Bila belum menerima juga, silakan lakukan registrasi ulang lagi, tetapi dengan alamat e-mail yang berbeda
  3. Pastikan alamat e-mail yang digunakan aktif dan telah dituliskan dengan benar saat proses registrasi akun SNPMB.

Itulah tiga cara mengatasi e-mail aktivasi akun SNPMB tidak muncul. Sebagai informasi tambahan, seandainya masalah tidak menerima e-mail aktivasi akun SNPMB tetap terjadi atau menjumpai kendala yang lain, siswa bisa menghubungi panitia penyelenggara.

Baca juga: Cara Registrasi Akun SNPMB 2023 di “portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” buat Ikut SNBP

Pengaduan kendala bisa disampaikan ke BPPP (Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan )selaku panitia penyelenggara melalui “halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id” atau Call Center di nomor “08041450450” (tanpa tanda kutip).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com