Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Review Film IMDb Disusupi "Link Haram" Film Bajakan

Kompas.com - Diperbarui 14/01/2023, 06:20 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, situs IMDb (Internet Movie Database) diandalkan para pecinta film untuk mendapatkan informasi lengkap seputar film dari seluruh dunia.

Mulai dari trailer, ulasan, rating, pendapatan film box office, termasuk berita orang-orang yang terlibat dalam film/serial TV seperti aktor/aktris, sutradara, penulis sampai penata rias dan soundtrack.

Namun, baru-baru ini, situs IMDb justru dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk mempromosikan link haram untuk menonton atau mengunduh (download) film bajakan.

Baca juga: Google Hapus Hasil Pencarian Situs Bajakan dari Google Search

Menurut laporan TorrenFreak, oknum spammer ini memanfaatkan fitur "List" di situs IMDb untuk mempromosikan link haram film baru seperti Avatar 2: The Way of Water dan Balck Panther 2: Wakanda Forever.

Tangkapan layar spammer membuat List IMDb untuk mempromosikan link haram untuk menonton dan mengunduh film Avatar 2 dan Black Panther 2.torrentfreak.com Tangkapan layar spammer membuat List IMDb untuk mempromosikan link haram untuk menonton dan mengunduh film Avatar 2 dan Black Panther 2.
Temuan TorrenFreak, spammer membuat postingan List dengan tajuk yang memancing pengguna untuk mengeklik, seperti menggunakan kata kunci "FullMovie", "Free Online", "Download", "Movie Free", dan "Free Download Online".

Situs IMDb memang memungkinkan pengguna yang melakukan login ke situs untuk membuat "List", yang sedianya digunakan untuk membagikan pilihan film, serial TV, dan aktris/aktor favorit pengguna.

List ini bisa disetel untuk publik atau hanya disimpan sendiri untuk pengguna.

Nah, spammer menyalahgunakan fitur List ini untuk mempromosikan link "haram" untuk menonton atau download film bajakan.

Baca juga: Pengguna Twitter Ramai-ramai Posting Cuplikan Film, Ada Apa?

Menurut laporan TorrenFreak, situs yang dijanjikan dapat menonton atau men-download film bajakan itu bisa saja merupakan media untuk menipu pengguna.

Di situs tersebut, pengguna tak jarang ditawarkan untuk memasukkan nomor kartu kredit miliknya untuk mendapatkan benefit uji coba menonton film gratis di situs itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.