Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kripto Turbulensi, Coinbase PHK Hampir 1.000 Karyawan

Kompas.com - 13/01/2023, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Pasar mata uang kripto (cryptocurrency) masih mengalami turbulensi. Pasar kripto belum sepenuhnya pulih pasca-penurunan harga dan volume perdagangan.

Guncangan di pasar kripto ini salah satunya disebabkan oleh drama akuisisi bursa kripto Binance terhadap FTX non-AS pada November lalu.

Kondisi pasar kripto ini tak ayal berimbas pada bisnis Coinbase, platform perdagangan dan dompet kripto raksasa asal Amerika Serikat.

Mengawali 2023, Coinbase kembali mengumumkan putaran pemutusan hubungan kerja (PHK) yang berdampak pada 950 karyawannya. Angka tersebut setara dengan 20 persen dari total pegawai yang dimiliki Coinbase setelah melakukan layoff 1.100 karyawan pada Juni 2022.

Baca juga: Misteri Kematian 3 Bos Kripto dalam Waktu Berdekatan

Sebelumnya diwartakan, jumlah karyawan Coinbase meningkat pesat dari 3.730 menjadi 6.000 orang pada akhir tahun 2021. Namun, akhirnya Coinbase harus merumahkan sekitar 2.050 karyawannya pada 2022 dan awal 2023 ini.

Gelombang PHK terbaru Coinbase ini diumumkan langsung oleh CEO Coinbase, Brian Armstrong dalam sebuah posting di situs resmi Coinbase pada 10 Januari 2023.

Armstrong mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi global dan pasar kripto yang tumbang, Coinbase perlu berhitung dan mengurangi biaya operasional sebesar 25 persen pada setiap kuartal ke depannya.

Nah, PHK 20 persen karyawan ini menjadi suatu keniscayaan demi Coinbase bisa lebih berhemat. Selain itu, Coinbase juga menghentikan beberapa proyek yang kemungkinan keberhasilannya lebih rendah. Meski tak dirinci proyek apa saja yang dihentikan.

Saham Coinbase menghijau

Tangkapan layar pergerakan harga saham Coinbase yang mulai bangkit pada awal 2023 ini.Google Finance Tangkapan layar pergerakan harga saham Coinbase yang mulai bangkit pada awal 2023 ini.
Saham Coinbase yang mulai diperdagangkan pada April 2021, pernah mencapai harga tertingginya di angka hampir 343 dollar AS (sekitar 5,2 juta) di tahun 2021 yang sama.

Namun, sepanjang tahun 2022, harga saham Coinbase anjlok sekitar 90 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNN, Jumat (13/1/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.