Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacBook dengan Layar Sentuh Meluncur 2025

Kompas.com - 13/01/2023, 15:01 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Apple dilaporkan sedang menggarap perangkat komputer atau laptop Mac yang dilengkapi layar sentuh. Perangkat ini kabarnya bakal dijual pada tahun 2025 sebagai MacBook Pro.

Laporan itu diutarakan oleh jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, melalui akun Twitter pribadi berhandle @markgurman. Gurman berkata bahwa layar sentuh Mac akan dilengkapi teknologi OLED, berbeda dari MacBook Pro 14 dan 16 saat ini yang memakai layar Mini LED.

"Apple sedang mengerjakan Mac pertamanya dengan layar sentuh. Perusahaan memiliki tim yang mengerjakan MacBook Pro baru dengan layar sentuh untuk dirilis tahun 2025," tulis Gurman di Twitter.

Baca juga: Apple Naikkan Harga Ganti Baterai iPhone, iPad, dan MacBook

Sejauh ini, proyek MacBook dengan layar sentuh masih dalam tahap awal diskusi di antara para insinyur Apple. Dengan demikian, belum ada keputusan final terkait konsep dari laptop Apple itu.

Meski demikian, Gurman memperkirakan MacBook Pro yang akan dilengkapi layar sentuh itu bakal didesain seperti MacBook Pro saat ini. Jadi, perbedaan aspek desainnya hanya pada komponen layar yang dibekali dukungan input sentuh saja.

Terlepas dari desainnya, MacBook Pro dengan layar sentuh juga akan dibekali peningkatan aneka fitur.

Bila bocoran ini benar-benar direalisasikan oleh Apple, maka MacBook Pro berlayar sentuh akan mencetak sejarah bagi perusahaan.

Pasalnya, pendiri Apple, Steve Jobs menentang konsep komputer berlayar sentuh karena kurang ergonomis.

Baca juga: 4 Penyebab MacBook Lemot dan dan Cara Mengatasinya

Pernyataan yang sama juga diutarakan oleh kepala software Apple, Craig Federighi, yang menyatakan pihaknya tidak menyukai layar sentuh.

"Kami merasa ergonomi penggunaan Mac adalah tangan Anda diletakkan di atas permukaan, dan mengangkat lengan Anda untuk menyentuh layar adalah hal yang cukup melelahkan," ujar Federighi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber CNBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.