Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Instagram, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Kompas.com - 15/01/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan riset aplikasi Apptopia, merilis daftar aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2022. Berdasarkan laporan terbarunya, Apptopia menempatkan TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak di-download atau diunduh pengguna di seluruh dunia.

Jumlah unduhan baru TikTok secara global bahkan mengalahkan total unduhan aplikasi pesaingnya, Instagram.

Secara teknis Apptopia menghitung jumlah unduhan antara 1 Januari - 20 Desember 2022 di iOS maupun Android. Namun khusus di China, Apptopia hanya menghitung jumlah unduhan di iOS.

Apptopia juga menetapkan bahwa hitungan unduhan didasarkan pada unduhan setiap satu pengguna. Jadi, pengguna yang melakukan uninstal aplikasi kemudian menginstalnya lagi, tidak masuk dalam perhitungan.

Baca juga: Geser Video TikTok ke Bagian Tertentu Kini Lebih Mudah

Selain itu, pengguna yang mengunduh ulang aplikasi yang sama pada perangkat baru juga tidak dihitung, apabila mereka memakai akun Google atau Apple yang sama.

Menurut riset Apptopia, aplikasi TikTok diunduh 672 juta kali. Angka ini mengantarkan aplikasi video singkat itu sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2022.

Rekor yang sama juga diraih TikTok selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut. Di sisi lain, Instagram menduduki posisi kedua dengan total 548 juta kali unduhan pada tahun 2022.

Agar mantan tak lagi menguntit, lakukan beberapa pemblokiran di media sosial.businessinsider.com Agar mantan tak lagi menguntit, lakukan beberapa pemblokiran di media sosial.

Aplikasi pesan instan yang juga dinaungi Meta, WhatsApp berada di posisi ketiga dengan total download 424 juta kali pada tahun yang sama.

Selanjutnya di posisi keempat ditempati oleh aplikasi edit video CapCut dengan total unduhan mencapai 357 juta kali. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengedit video untuk diunggah ke TikTok.

Adapun posisi kelima diraih oleh Snapchat yang tercatat diunduh 330 juta kali pada 2022, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Minggu (15/1/2023).

Aplikasi lainnya yang paling banyak diunduh di dunia pada 2022 meliputi aplikasi Telegram, Facebook hingga aplikasi game. Berikut rinciannya.

Baca juga: Google Kalahkan TikTok Jadi Layanan Internet Terpopuler di Dunia 2022

10 aplikasi yang paling banyak di-download di 2022

  1. TikTok - 672 juta kali
  2. Instagram - 548 juta kali
  3. WhatsApp - 424 juta kali
  4. CapCut - 357 juta kali
  5. Snapchat - 330 juta kali
  6. Telegram - 310 juta kali
  7. Subway Surfers - 304 juta kali
  8. Facebook - 298 juta kali
  9. Stumble Guys - 254 juta kali
  10. Spotify - 238 juta kali

Riset terkait daftar aplikasi terpopuler dilakukan Apptopia setiap tahun. Untuk tahun 2022, Apptopia mengatakan bahwa daftar aplikasi yang paling banyak diunduh tak begitu banyak berubah, dengan TikTok yang menjadi jawaranya.

Perbedaannya adalah bahwa TikTok kini dikategorikan sebagai aplikasi hiburan ketimbang aplikasi media sosial, sehingga menggeser posisi Netflix sebagai aplikasi hiburan paling populer di dunia.

Perubahan lainnya terbilang minor, meliputi angka unduhan dan pergeseran urutan aplikasi sesuai jumlah unduhan barunya pada 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com