Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Instagram, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Kompas.com - 15/01/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan riset aplikasi Apptopia, merilis daftar aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2022. Berdasarkan laporan terbarunya, Apptopia menempatkan TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak di-download atau diunduh pengguna di seluruh dunia.

Jumlah unduhan baru TikTok secara global bahkan mengalahkan total unduhan aplikasi pesaingnya, Instagram.

Secara teknis Apptopia menghitung jumlah unduhan antara 1 Januari - 20 Desember 2022 di iOS maupun Android. Namun khusus di China, Apptopia hanya menghitung jumlah unduhan di iOS.

Apptopia juga menetapkan bahwa hitungan unduhan didasarkan pada unduhan setiap satu pengguna. Jadi, pengguna yang melakukan uninstal aplikasi kemudian menginstalnya lagi, tidak masuk dalam perhitungan.

Baca juga: Geser Video TikTok ke Bagian Tertentu Kini Lebih Mudah

Selain itu, pengguna yang mengunduh ulang aplikasi yang sama pada perangkat baru juga tidak dihitung, apabila mereka memakai akun Google atau Apple yang sama.

Menurut riset Apptopia, aplikasi TikTok diunduh 672 juta kali. Angka ini mengantarkan aplikasi video singkat itu sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2022.

Rekor yang sama juga diraih TikTok selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut. Di sisi lain, Instagram menduduki posisi kedua dengan total 548 juta kali unduhan pada tahun 2022.

Agar mantan tak lagi menguntit, lakukan beberapa pemblokiran di media sosial.businessinsider.com Agar mantan tak lagi menguntit, lakukan beberapa pemblokiran di media sosial.

Aplikasi pesan instan yang juga dinaungi Meta, WhatsApp berada di posisi ketiga dengan total download 424 juta kali pada tahun yang sama.

Selanjutnya di posisi keempat ditempati oleh aplikasi edit video CapCut dengan total unduhan mencapai 357 juta kali. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengedit video untuk diunggah ke TikTok.

Adapun posisi kelima diraih oleh Snapchat yang tercatat diunduh 330 juta kali pada 2022, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Minggu (15/1/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.