Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Story IG Muncul Tulisan "Cerita Ini Tidak Tersedia"?

Kompas.com - 16/01/2023, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Saat membuka Instagram (IG) Story, pernahkah Anda menjumpai tulisan "this story is unavailable" yang artinya "cerita ini tidak tersedia"? Biasanya, tulisan ini muncul dengan latar layar bewarna hitam.

Di beberapa kasus, tulisan "cerita ini tidak tersedia" muncul walaupun foto profil memiliki bingkai lingkaran merah, yang umumnya mengindikasikan bahwa Stories belum dilihat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan cerita ini tidak tersedia di IG. Berikut penjelasannya.

Penyebab muncul tulisan cerita tidak tersedia di Instagram

Cerita tidak tersedia yang muncul di Instagram Story menandakan konten tersebut tidak bisa dilihat lagi oleh siapapun. Setidaknya, ada lima kemungkinan yang menyebabkan munculnya tulisan cerita ini tidak tersedia di IG.

Baca juga: Cara Share Lirik Lagu Spotify ke Instagram Story

1. Konten story sudah dihapus pemilik akun

Kemungkinan pertama mengapa Instagram Story muncul "cerita tidak tersedia" adalah pemilik akun yang menghapus konten tersebut. Bisa jadi, si kreator menghapus konten tersebut beberapa saat ketika Anda membuka story-nya.

Apabila demikian, saat Anda kembali ke beranda lalu melakukan penyegaran (refresh feed), story tersebut sudah tidak akan muncul lagi, termasuk lingkaran merah di foto profil kreator.

2. Konten story sudah kadaluwarsa

Munculnya this story is unavailable juga bisa jadi disebabkan lantaran konten sudah kadaluwarsa alias tayang lebih dari 24 jam. Seperti diketahui, Instagram Story hanya akan bertahan selama 24 jam di beranda.

Setelah 24 jam, konten itu akan hilang secara otomatis. Nah, meskipun konten sudah hilang otomatis, bisa jadi ada error atau bug di Instagram yang menyebabkan followers (pengikut) masih melihat bingkai lingkaran merah di foto profil following (akun yang diikuti), seolah-olah konten IG story masih tersedia.

Untuk memastikan, apakah konten hilang karena kadaluwarsa atau tidak, Anda bisa mengecek di fitur sorotan atau highlight.

Sebab, Instagram Story bisa disimpan di highlight profil pengguna, sehingga masih bisa dilihat oleh followers meskipun sudah lebih dari 24 jam. Akan tetapi, tidak semua konten Instagram Story akan disimpan dalam sorotan.

Baca juga: Story, Arsip, dan Sorotan di Instagram Hilang, Ini Sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.