Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaset Fisik Makin Ditinggalkan, Game Digital Kian Diminati

Kompas.com - 16/01/2023, 13:04 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Sejak pertama kali konsol game hadir di dunia, perangkat ini masih mengandalkan "kaset" game fisik hingga sekarang. Kaset game tersebut bisa berupa cartridge, disc, atau dalam bentuk kartu memori.

Namun, hal tersebut perlahan beralih ke teknologi yang lebih baru, seiring dengan trasformasi digital berbagai sektor industri.

Aneka game kini bisa didapatkan lebih mudah secara digital, ketimbang membeli kaset fisik. Konsep ini lantas membuat kaset game fisik mulai ditinggalkan, meskipun belum bisa dikatakan tamat.

Menurut Digital Entertainment and Retail Association (ERA) di Inggris, penjualan game digital mencapai 90 persen dari total penjualan game sepanjang 2022 lalu. Game tersebut mencakup game mobile, game PC, serta game konsol.

Baca juga: 3 Game Gratis PS Plus Edisi Januari 2023, Ada Star Wars Jedi: Fallen Order

Menurut data ERA, lebih tepatnya sebanyak 89,5 persen penjualan game dilakukan melalui unduhan digital, sementara 10,5 persen sisanya dijual secara fisik.

Dari jumlah tersebut, 30 persennya adalah game mobile. Sementara 70 persen sisanya adalah gabungan dari game digital yang diunduh di konsol dan PC.

Pemain game di konsol dan PC sebenarnya punya pilihan untuk membeli game secara fisik atau digital. Hal ini berbeda dengan game mobile yang memang hanya tersedia secara digital.

Dirangkum KompasTekno dari BBC, Senin (16/1/2023) para pencinta game konsol dan PC ini kemungkinan lebih memilih game digital karena mereka tidak ingin menunggu pengiriman game fisik ke rumah mereka, atau pergi ke toko untuk membeli game.

Secara umum, industri game di Inggris menyumbang sekitar 4,7 miliar poundsterling (Rp 86,9 triliun) pada tahun 2022. Angka ini lebih tinggi dibanding kontribusi industri film, TV atau musik.

Baca juga: 6 Game di Cabor E-sports SEA Games 2023, Valorant Masuk Free Fire Tersingkir

Untuk itu CEO ERA, Kim Bayley mengeklaim bahwa game merupakan pemimpin di industri hiburan yang jarang disadari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.