Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Perusahaan Semikonduktor Terbesar di Dunia, Ada Intel dan Qualcomm

Kompas.com - Diperbarui 17/01/2023, 08:40 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Intel dan Qualcomm, merupakan perusahaan semikonduktor kenamaan di dunia. Kedua perusahaan ini sudah sangat populer di telinga konsumen, apalagi bagi mereka para pencinta teknologi.

Kedua perusahaan ini sama-sama berperan menyediakan "otak" dari beragam perangkat pintar. Mulai dari laptop, smartphone, smartwatch, bahkan televisi cerdas.

Sebagai contoh, Intel menyediakan prosesor untuk komputer, laptop, server dan lainnya. Sementara Qualcomm menyediakan chipset untuk ponsel, perangkat wearable dan sebagainya.

Produk dari kedua perusahaan ini kemudian dipakai oleh merek-merek seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo hingga Acer untuk ponsel, laptop dan produk lain.

Baca juga: Angin Segar untuk Bisnis Semikonduktor Dunia

Nah, selain Intel dan Qualcomm, ada banyak perusahaan semikonduktor lain di dunia.

Perusahaan-perusahaan ini juga punya peran yang sama seperti Intel dan Qualcomm dalam menunjang ekosistem industri teknologi global. Berikut daftar lengkapnya.

1. Intel
2. Samsung
3. TSMC
4. SK Hynix
5. Micron
6. Qualcomm
7. AMD
8. Texas Instruments
9. Applied Materials
10. Maxim Integrated
11. Toshiba
12. Broadcom
13. STMicroelectronics
14. Lam Research
15. NXP Semiconductors

Perusahaan semikonduktor terbesar di dunia

Intel

Intel merupakan salah satu perusahaan semikonduktor terbesar di dunia dengan pendapatan 64 miliar dollar AS (Rp 969 triliun) pada tahun 2022.

Kapitalisasi pasarnya pada 2022 mencapai 111,10 miliar dollar AS (Rp 1.682 triliun).

Logo Intel dalam peluncuran Intel Gen 13 di IndonesiaKompas.com/Lely Maulida Logo Intel dalam peluncuran Intel Gen 13 di Indonesia

Perusahaan yang didirikan oleh Robert Noyce, Gordon Moore dan Andrew Grove ini memiliki lebih dari 121.000 karyawan. Kantor Intel tersebar di 53 negara.

Samsung

Selain bisnis ponsel dan perangkat elektronik, Samsung juga memiliki bisnis semikonduktor yang menjadi otak dari berbagai produk.

Perusahaan asal Korea Selatan ini juga termasuk perusahaan semikonduktor terbesar di dunia dengan total karyawan mencapai 266.673 orang, tersebar di 74 negara per tahun 2022.

Bisnis semikonduktor Samsung pada tahun lalu menghasilkan pendapatan sebesar 241,60 miliar dollar AS (Rp 3.658 triliun) dengan kapitalisasi pasar mencapai 305,19 miliar dollar AS (Rp 4.621 triliun).

Baca juga: Bisnis Semikonduktor Membaik, Tumbuh 25 Persen pada 2021

SK Hynix

Perusahaan ini sebelumnya dikenal sebagai Hyundai Electronic yang fokus memproduksi memori semikonduktor.

Seiring berkembangnya bisnis perusahaan, SK Hynix melakukan ekspansi ke China dan Jepang. Perusahaan yang berkantor pusat di Korea Selatan ini memiliki 30.135 karyawan pada tahun 2022.

Pada tahun yang sama, SK Hynix membukukan pendapatan sebesar 8,38 miliar dollar AS (Rp 126 triliun) dengan kapitalisasi pasar 43,57 miliar dollar AS (Rp 660 triliun).

TSMC

Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) merupakan produsen chip kontrak terbesar di dunia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.