Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur RAM Plus HP Samsung dan Bagaimana Cara Kerjanya

Kompas.com - 16/01/2023, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan smartphone tentu menjadi prioritas setiap perusahaan smartphone, tidak terkecuali Samsung. Maka dari itu, Samsung juga kerap menggelontorkan sejumlah fitur dan peningkatan di setiap ponsel pintarnya.

Salah satu fiturnya bernama “RAM Plus”. RAM Plus merupakan sebuah teknologi software yang memungkinkan perangkat mendapat “sumbangan” RAM. Sebagai gambaran, RAM bawaan perangkat adalah 4GB, dengan fitur tersebut, RAM yang dimiliki bisa bertambah menjadi 8GB.

Fitur ini pada dasarnya sudah dimiliki oleh sejumlah ponsel lain, hanya saja perbedaannya terletak pada nama fitur. Di Oppo, misal, fitur ini diberi nama “Memory Expansion”, sedangkan di Vivo bernama “Extended RAM”.

Baca juga: Begini Cara Menambah RAM HP Samsung, RAM 8 GB Bisa Jadi 16 GB

Terlepas dari kesamaan yang ada, fungsi fitur tersebut ditujukan untuk memudahkan atau meringankan kerja RAM bawaan perangkat. Caranya dengan meminjam sedikit kapasitas media penyimpanan untuk dijadikan memori RAM.

Jumlah storage (istilah lain media penyimpanan) yang disimpan itu nantinya akan dipindahkan ke RAM. Makanya, jumlah RAM 4GB tadi bisa bertambah menjadi 8 GB karena ada tambahan sebesar 4GB dari media penyimpanan.

Kapasitas RAM yang diperbesar dapat berdampak pada kinerja perangkat. Misalnya, dapat menjalankan sebuah aplikasi menjadi lebih mulus dan lebih stabil. Biasanya, hal ini baru dapat dirasakan ketika pengguna menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau membuka aplikasi yang berat, seperti bermain game.

Saat bermain game, perangkat menjalankan aplikasi menggunakan RAM bawaan. Namun, jika memainkan game berat dalam waktu lama, RAM perangkat bakal bekerja lebih berat sehingga menyebabkan pengalaman bermain game menjadi sedikit lag atau kurang mulus.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah memanfaatkan fitur RAM Plus. Penambahan memori tersebut setidaknya dapat mengurangi lag dalam bermain game serta membuat performa perangkat menjadi lebih stabil.

Lantas, sebenarnya bagaimana cara kerja RAM dan Virtual RAM dalam perangkat? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Cara kerja RAM dan virtual RAM

Ilustrasi RAM DDR5 12nm terbaru buatan Samsung.Samsung Ilustrasi RAM DDR5 12nm terbaru buatan Samsung.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.