Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Versi Desktop Punya Fitur Baru Mirip TikTok, Pengguna Indonesia Sudah Bisa Coba

Kompas.com - Diperbarui 17/01/2023, 07:24 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Twitter versi desktop web browser memiliki fitur bau yakni tab "For You". Fitur ini sebelumnya sudah hadir di Twitter versi iOS beberapa pekan lalu.

Tab "For You" menggantikan fungsi ikon "bintang-bintang" atau sparkle yang biasanya digunakan untuk mengubah opsi algoritma linimasa (timeline) antara kronologis atau sesuai pereferensi. Di sebelah tab "For You", ada tab "Following" yang menampilkan twit terbaru dari akun yang diikuti (following).

Dengan dihapusnya ikon sparkle, pengguna akan lebih mudah mengubah urutan timeline. Tab "For You" akan menjadi default ketika membuka Twitter versi desktop untuk pertama kali setelah di-update.

Sehingga, linimasa yang ditampilkan langsung disesuaikan dengan preferensi atau konten-konten yang diminati pengguna.

Baca juga: Twitter Ungkap Sumber Kebocoran Data 200 Juta Pengguna

Akan tetapi, tampilan linimasa berikutnya akan menyesuaikan tab terakhir yang dibuka. Misalnya, Anda mengeklik tab "Following" sebelum menutup Twitter. Ketika Anda membukanya lagi, maka yang muncul adalah linimasa tab "Following", begitu juga sebaliknya.

Tab "For You" ini kurang lebih mirip dengan fitur "For Your Page" di TikTok, di mana algoritma akan menampilkan konten yang dianggap sesuai dengan preferensi pengguna.

Pantauan KompasTekno, update ini sudah hadir di Indonesia. Sementara platform Android, tampaknya harus menunggu sedikit lebih lama. Twitter mengatakan fitur "For You" akan hadir di Android dalam beberapa waktu mendatang.

“Anda kini dapat dengan mudah berpindah tab dari “For You” dan “Following” di (Twitter versi) web. (Perangkat) Android akan segera kebagian” tulis Twitter Support.

Baca juga: Arti Kata “The Sunset is Beautiful Isn’t It” yang Ramai di Twitter Belakangan

 

Tampilan tab For You Twitter yang baru versi desktop (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Tampilan tab For You Twitter yang baru versi desktop (Kompas.com/Caroline Saskia Tanoto)
Berdasarkan pengalaman KompasTekno, tab “For You” tidak memiliki perbedaan signifikan dengan tab "Home". Pengguna masih akan melihat kicauan dari akun yang diikuti, kicauan/konten yang disukai akun lain, hingga rekomendasi konten sesuai dengan minat masing-masing pengguna.

Sedangkan, tab “Following” menampilkan unggahan dari akun yang diikuti saja. Kicauan yang dimunculkan juga berurutan sesuai kronologis waktu.

Unggahan yang paling baru akan muncul paling atas. Berbeda dengan tab “For You” yang menampilkan konten secara acak tanpa urutan waktu.

Sebelum kehadiran fitur ini, tab “Beranda” (Home) di Twitter memang menampilkan konten secara acak seperti tab “For You”.

Jika pengguna ingin menampilkan konten berdasarkan waktu atau kicauan terbaru, pengguna bisa mengeklik ikon sparkle di kanan atas layar, kemudian pilih opsi "latest"/beralih ke tweet terbaru, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (16/1/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com