Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2023, 08:01 WIB

KOMPAS.com - ChatGPT, chatbot kecerdasan buatan bikinan Open AI, selama ini bisa digunakan secara gratis. Namun, OpenAI memberi “kode” akan memonetisasi ChatGPT dengan meluncurkan veris berbayarnya.

Informasi tersebut disampaikan langsung melalui server Discord “Open AI”. OpenAI mengatakan rencana tersebut bertujuan untuk memastikan bisnis dapat terus berlanjut dalam jangka panjang.

Kemungkinan, ChatGPT versi berbayar itu akan bernama “ChatGPT Professional”, apabila sesuai dengan formulir daftar tunggu (waitlist) ChatGPT versi berbayar yang dibagikan OpenAI di pengumuman yang sama.

Baca juga: Hati-hati, ChatGPT Palsu Beredar di Play Store dan App Store

“Kami mulai memikirkan bagaimana caranya memonetisasi ChatGPT (masih berupa ide, belum secara resmi diumumkan). Tujuan kami adalah terus meningkatkan dan menjaga layanan kami, dan monetisasi menjadi salah satu pertimbangan kami untuk menjaga keberlangsungan bisnis jangka panjang,” tulis OpenAI, Selasa (10/1/2023) lalu.

OpenAI mengumumkan via server Discord bahwa ChatGPT bakal dibuat berbayar OpenAI mengumumkan via server Discord bahwa ChatGPT bakal dibuat berbayar

Sam Altman selaku pendiri dan CEO ChatGPT juga menunggah kicauan di Twitter dengan handle @gdb, Rabu (11/1/2023). Dalam twitnya, ia menjelaskan bahwa ChatGPT versi berbayar bakal menawarkan pengalaman yang lebih mumpuni dibanding versi gratis yang sudah ada.

Sama seperti di Discord, Altman juga menyertakan link formulir waitlist "ChatGPT Proffesional".

Berdasarkan pantauan KompasTekno, formulir itu menyertakan beberapa pertanyaan tentang pendapat ke pengguna ChatGPT apabila ada versi berbayar. Misalnya saja berapa biaya yang bersedia dikeluarkan untuk berlangganan di ChatGPT, apakah pengguna bersedia membayar untuk sejumlah fitur premium, dan sebagainya.

Baca juga: ChatGPT Disalahgunakan Hacker untuk Bikin Malware

Kuesioner yang disebar OpenAI melalui kicauan CEO OpenAI Sam Altman di Twitter (handle @gdb)OpenAI Kuesioner yang disebar OpenAI melalui kicauan CEO OpenAI Sam Altman di Twitter (handle @gdb)

OpenAI juga memberikan sedikit gambaran umum benefit fitur yang akan hadir di ChatGPT versi berbayar.

Fitur tersebut adalah tidak akan ada “blackout windows” (kemampuan server memunculkan ruang/jendela obrolan), mendapat respons lebih cepat tanpa ada gangguan, dan mengirim pesan sebanyak mungkin (setidaknya dua kali lipat dari batas pesan ChatGPT reguler).

Nah, dengan mengisi kuesioner tersebut, pengguna secara tidak langsung masuk ke daftar tunggu untuk menjajal ChatGPT versi berbayar lebih awal. Pengguna yang mendaftar juga akan diinformasikan mengenai kelanjutan fitur ChatGPT Professional.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.