Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah iPhone 16 Pro Max dengan 5 Kamera Sudah Meluncur? Begini Faktanya

Kompas.com - Diperbarui 18/01/2023, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan ponsel yang disebut sebagai iPhone 16 Pro Max viral di TikTok. Hampir di semua video TikTok, iPhone 16 Pro Max dipamerkan bagian punggungnya yang punya lima kamera belakang.

Salah satu video yang mempertontonkan bagian punggung Apple iPhone 16 Pro Max dengan lima kamera belakang itu bisa dilihat melalui unggahan dari akun dengan handle @mural.art, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Ramai iPhone Tak Bisa Buat Story IG Pakai Kamera Depan-Belakang, Benarkah HDC?

@mural.art #iphone #promax #fakesituation ? Big Boys - cshsznxo!

Pada video di atas, tampak seorang pengguna tengah memegang HP yang katanya adalah iPhone 16 Pro Max. Kemudian, pengguna itu juga membagikan hasil jepretan dari kamera belakang Apple iPhone 16 Pro Max yang diklaimnya punya fitur fish eye.

Selain @mural.art, masih bisa dijumpai banyak lagi unggahan video mengenai iPhone 16 Pro Max dari pengguna lain dengan format serupa, yakni mempertontonkan bagian punggung yang punya lima kamera belakang dan menunjukkan hasil jepretannya.

Dari hampir semua video tentang Apple iPhone 16 Pro Max, terdapat satu video yang terang-terangan menunjukkan spesifikasi HP tersebut. Video itu diunggah oleh akun dengan handle @lordgadget.

@lordgadget #iphone16promax ? DJ If You Know That I'm Lonely - DJ Utun Official

Di video itu, HP yang disebut sebagai iPhone 16 Pro Max diklaim punya layar seluas 6,7 inci, kamera beresolusi 108 MP, RAM sebesar 12 GB, dan baterai berkapasitas 5112 mAh. Dengan adanya klaim-klaim ini, lantas apakah iPhone 16 Pro Max benar-benar ada?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pemaparan mengenai fakta iPhone 16 Pro Max yang tengah viral di TikTok.

Fakta Apple iPhone 16 Pro Max yang viral di TikTok

1. HP Apple terbaru saat ini masih iPhone 14 series

Sebagaimana cukup umum diketahui, iPhone merupakan HP keluaran Apple. Di halaman resmi Apple, tidak tertera satu pun produk bernama iPhone 16 Pro Max. Jajaran HP terbaru resmi Apple yang tersedia saat ini adalah iPhone 14 series.

Dalam seri iPhone terbaru yang dirilis sejak 7 September tahun lalu, hanya terdapat empat model, terdiri dari iPhone 14 biasa, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Hingga detik ini, Apple belum merilis lagi HP terbaru selain iPhone 14 series.

2. Tidak disertai bukti kuat

Beberapa informasi spesifikasi dan render (gambaran rupa dalam bentuk visual) mengenai iPhone terbaru yang akan datang biasanya telah mencuat ke publik sebelum dirilis. Bocoran informasi itu umumnya dilandaskan bukti-bukti yang kuat oleh leaker (pembocor).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.