Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Pesawat Yeti Airlines Jatuh Terekam Penumpang Saat Live Facebook

Kompas.com - Diperbarui 18/01/2023, 06:09 WIB

KOMPAS.com - Dunia penerbangan baru-baru ini diramaikan dengan tragedi jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Nepal pada Minggu (15/1/2023).

Jatuhnya pesawat ATR 72-500 bermesin ganda dengan penerbangan domestik dari Kathmandu ke Pokhara tersebut menewaskan sedikitnya 68 orang. Ini menjadi kecelakaan pesawat terburuk di Nepal dalam 30 tahun terakhir.

Detik-detik akhir pesawat sebelum jatuh dan terbakar ini ternyata sempat terdokumentasikan lewat sebuah potongan Facebook Live berdurasi 1 menit 2 detik yang dilakukan oleh seorang penumpang di dalam kabin. Video ini pun viral di media sosial.

Potongan video itu menampilkan kondisi penumpang yang tampak "tenang" di dalam kabin, hingga detik-detik ketika pesawat mulai miring, jatuh, dan terbakar.

Baca juga: Siaran Langsung Facebook Live Kini Hadir di Komputer

Usut punya usut, penumpang yang mengabadikan detik-detik jatuhnya pesawat Yeti Airlines itu adalah Sonu Jaiswal, pria berusia 29 tahun asal distrik Ghazipur di negara bagian Uttar Pradesh, India.

Menurut laporan The Guardian, Sonu menaiki pesawat Yeti Airlines bersama tiga temannya, yaitu Anil Rajbhar (28), Vishal Sharma (23), dan Abhishek Singh Kushwaha (23). Keempatnya berada dalam "pesawat maut" itu untuk mengunjungi kuil dan paralayang di pegunungan Annapurna yang terkenal di Nepal.

Tangkapan layar video detik-detik jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Nepal, Minggu (15/1/2023).Twitter/ @thestatekhabar Tangkapan layar video detik-detik jatuhnya pesawat Yeti Airlines di Nepal, Minggu (15/1/2023).
Di awal video, Sonu terlihat gembira dan tersenyum sembari merekam kondisi di dalam kabin pesawat yang terlihat tenang. Bahkan di latar belakang video ada suara seorang pria yang mengatakan "sangat menyenangkan" dengan nada gembira.

Baca juga: Detik-detik Pesawat Jatuh Terekam Kamera Penumpang

Sonu juga masih mengarahkan kameranya ke jendela pesawat untuk memperlihatkan pemandangan daratan di luar dan kondisi cuaca saat itu yang cerah. Dari jendela itu, sayap pesawat terlihat semakin miring ke sisi kiri.

Namun, dalam rekaman video, penumpang masih terlihat tenang. Sonu yang sedang merekam juga terlihat masih tersenyum, teman di sebelahnya juga tersenyum. Di dalam kabin pesawat, semua tampak tenang tanpa pengumuman atau peringatan darurat dari pilot atau staf.

Tak lama dari itu, pesawat tampak oleng diikuti dengan teriakan para penumpang dan raungan suara mesin yang keras.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.