Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “The Moon is Beautiful isn’t It” yang Tengah Ramai di Twitter

Kompas.com - 17/01/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di linimasa Twitter, belakangan tengah diramaikan dengan penggunaan kata “the moon is beautiful isn’t it”. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat menjumpai pengguna lain yang memakai kata tersebut.

Kata atau lebih tepatnya frasa the moon is beautiful isn’t it, umum dipakai oleh pengguna dengan disertai gambar bulan yang tengah cerah. Salah satu contohnya, bisa dilihat lewat unggahan dari akun dengan handle @astrophil.

Baca juga: Asal-usul Kata “Viral” yang Sering Dipakai untuk Menyebut Hal Populer di Internet

Contoh lain penggunaan frasa the moon is beautiful isn’t it yang disertai dengan gambar bulan juga bisa dilihat melalui unggahan dari akun dengan handle @4yiennnn, sebagaimana tertera di bawah ini.

Penggunaan frasa the moon is beautiful isn’t it dengan format semacam itu bisa dijumpai dengan mudah di Twitter. Kendati mudah dijumpai, namun tahukah the moon is beautiful isn’t it artinya apa?

Bila tertarik buat mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai arti the moon is beautiful isn’t it yang tengah ramai di Twitter.

Arti the moon is beautiful isn’t it

Frasa “the moon is beautiful isn’t it” atau “the moon is beautiful, isn’t it?” sebetulnya tidak dipakai baru-baru ini. Berdasar pantauan di linimasa Twitter, frasa ini mulai ramai digunakan oleh pengguna sejak sekitar awal tahun lalu.

Bila dipahami secara harfiah, arti the moon is beautiful isn’t it tampaknya tidak terlalu menarik. Dalam terjemahan bahasa Indonesia, the moon is beautiful isn't it artinya bisa berarti seperti ini “bulan itu indah, bukan?” atau “bulannya indah, ya?”.

Arti the moon is beautiful isn't it baru bisa dibilang cukup menarik jika mengetahui makna lainnya. Frasa the moon is beautiful isn’t it sejatinya punya makna lain ketimbang hanya sekadar “bulan itu indah, bukan?”.

Dikutip dari Tsuki, laman berbagi foto dan video, the moon is beautiful adalah sebuah frasa puitis untuk menyampaikan perasaan sayang kepada seorang pasangan. Frasa ini punya makna yang mirip seperti ungkapan “i love you” atau “aku mencintaimu”.

Frasa ini konon dicetuskan oleh seorang penulis Jepang bernama Natsume Soseki. Selama mengajar (1867-1916), Soseki dikisahkan mendengar seorang murid yang menerjemahkan frasa “i love you” dengan kaku dalam bahasa Jepang menjadi “ware kimi wo aisu”.

Sebagai sebuah produk dan budaya di masa periode Meiji, penerjemahan secara kata per kata yang kaku itu dinilai Soseki akan melunturkan kepekaan orang-orang Jepang. Oleh karena itu, dibuatlah frasa lain yang lebih indah untuk menerjemahkan “i love you”.

Baca juga: Arti Kata “The Sunset is Beautiful Isn’t It” yang Ramai di Twitter Belakangan

Frasa dalam bahasa Jepang itu tak lain adalah “tsuki ga kirei desu ne” atau yang diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi “the moon is beautiful isn’t it”. Demikianlah penjelasan seputar arti the moon is beautiful isn’t it, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com