Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “The Moon is Beautiful isn’t It” yang Tengah Ramai di Twitter

Kompas.com - 17/01/2023, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Di linimasa Twitter, belakangan tengah diramaikan dengan penggunaan kata “the moon is beautiful isn’t it”. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat menjumpai pengguna lain yang memakai kata tersebut.

Kata atau lebih tepatnya frasa the moon is beautiful isn’t it, umum dipakai oleh pengguna dengan disertai gambar bulan yang tengah cerah. Salah satu contohnya, bisa dilihat lewat unggahan dari akun dengan handle @astrophil.

Baca juga: Asal-usul Kata “Viral” yang Sering Dipakai untuk Menyebut Hal Populer di Internet

Contoh lain penggunaan frasa the moon is beautiful isn’t it yang disertai dengan gambar bulan juga bisa dilihat melalui unggahan dari akun dengan handle @4yiennnn, sebagaimana tertera di bawah ini.

Penggunaan frasa the moon is beautiful isn’t it dengan format semacam itu bisa dijumpai dengan mudah di Twitter. Kendati mudah dijumpai, namun tahukah the moon is beautiful isn’t it artinya apa?

Bila tertarik buat mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai arti the moon is beautiful isn’t it yang tengah ramai di Twitter.

Arti the moon is beautiful isn’t it

Frasa “the moon is beautiful isn’t it” atau “the moon is beautiful, isn’t it?” sebetulnya tidak dipakai baru-baru ini. Berdasar pantauan di linimasa Twitter, frasa ini mulai ramai digunakan oleh pengguna sejak sekitar awal tahun lalu.

Bila dipahami secara harfiah, arti the moon is beautiful isn’t it tampaknya tidak terlalu menarik. Dalam terjemahan bahasa Indonesia, the moon is beautiful isn't it artinya bisa berarti seperti ini “bulan itu indah, bukan?” atau “bulannya indah, ya?”.

Arti the moon is beautiful isn't it baru bisa dibilang cukup menarik jika mengetahui makna lainnya. Frasa the moon is beautiful isn’t it sejatinya punya makna lain ketimbang hanya sekadar “bulan itu indah, bukan?”.

Dikutip dari Tsuki, laman berbagi foto dan video, the moon is beautiful adalah sebuah frasa puitis untuk menyampaikan perasaan sayang kepada seorang pasangan. Frasa ini punya makna yang mirip seperti ungkapan “i love you” atau “aku mencintaimu”.

Frasa ini konon dicetuskan oleh seorang penulis Jepang bernama Natsume Soseki. Selama mengajar (1867-1916), Soseki dikisahkan mendengar seorang murid yang menerjemahkan frasa “i love you” dengan kaku dalam bahasa Jepang menjadi “ware kimi wo aisu”.

Sebagai sebuah produk dan budaya di masa periode Meiji, penerjemahan secara kata per kata yang kaku itu dinilai Soseki akan melunturkan kepekaan orang-orang Jepang. Oleh karena itu, dibuatlah frasa lain yang lebih indah untuk menerjemahkan “i love you”.

Baca juga: Arti Kata “The Sunset is Beautiful Isn’t It” yang Ramai di Twitter Belakangan

Frasa dalam bahasa Jepang itu tak lain adalah “tsuki ga kirei desu ne” atau yang diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi “the moon is beautiful isn’t it”. Demikianlah penjelasan seputar arti the moon is beautiful isn’t it, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.