Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan WhatsApp atau TikTok, Ini Aplikasi Paling Banyak Di-download Orang Indonesia

Kompas.com - 18/01/2023, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Data.ai

KOMPAS.com - Perusahaan riset pasar dan konsumen Data.ai menerbitkan laporannya bertajuk "State of Mobile 2023". Laporan ini merangkum berbagai tren pengguna perangkat mobile atau ponsel secara global, meliputi tren aplikasi, game, dan lain sebagainya.

Laporan itu juga merangkum daftar aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia sepanjang tahun 2022. Secara umum, Data.ai merinci 10 aplikasi yang paling banyak di-download oleh pengguna di Indonesia.

Aplikasi tersebut meliputi ragam kategori, mulai dari aplikasi edit video, aplikasi belanja, hingga media sosial. Menariknya, aplikasi edit video CapCut menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pengguna di Indonesia.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi CapCut buat Edit Video Tiktok dengan Mudah

CapCut merupakan aplikasi besutan induk TikTok, Bytedance. Aplikasi ini sering kali dipakai pengguna untuk mengedit video pendek untuk diunggah di TikTok atau aplikasi media sosial lainnya.

Menyusul CapCut, TikTok menjadi aplikasi peringkat kedua yang paling banyak di-download di Indonesia. Adapun aplikasi lainnya yang banyak diunduh pengguna adalah sebagai berikut.

10 aplikasi yang paling banyak di-download di Indonesia:

  1. CapCut
  2. TikTok
  3. Facebook
  4. Instagram
  5. Shopee
  6. WhatsApp Messenger
  7. Dana
  8. Snack Video
  9. WhatsApp Business
  10. Shareit

Bila dibandingkan dengan data global, daftar aplikasi yang paling banyak di-download di Indonesia tak jauh berbeda. Pasalnya, TikTok, CapCut, WhatsApp, dan Instagram juga termasuk aplikasi yang paling banyak diunduh pengguna di dunia.

Perbedaannya adalah aplikasi pesan instan dan media sosial mendominasi daftar aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia.

Baca juga: Ini Dia, Daftar Aplikasi dan Game Terbaik di App Store Awards 2022

Perlu dicatat bahwa data ini dirangkum berdasarkan jumlah unduhan di App Store dan Google Play Store. Berikut daftar aplikasi yang paling banyak di-download oleh pengguna di dunia.

10 aplikasi yang paling banyak di-download di dunia

  1. Instagram
  2. TikTok
  3. Facebook
  4. WhatsApp Messenger
  5. Snapchat
  6. Telegram
  7. CapCut
  8. Facebook Messenger
  9. WhatsApp Business
  10. Spotify

Selain aplikasi yang paling banyak di-download, Data.ai juga merangkum daftar aplikasi yang menjadi tempat menghabiskan uang pengguna. Dengan kata lain, mereka rela menghabiskan pundi rupiah untuk aktivitas atau konten yang tersedia dalam aplikasi.

Mayoritas aplikasi dalam daftar ini adalah aplikasi yang menyediakan opsi berlangganan. Misalnya aplikasi Video, WeT, dan Viu yang mendorong pengguna berlangganan agar mendapat akses ke konten premium.

Menariknya, TikTok juga masuk, bahkan menempati posisi puncak dalam daftar ini. Berikut daftar aplikasi yang menjadi tempat menghabiskan uang pengguna di Indonesia.

  1. TikTok
  2. Vidio
  3. WeTV
  4. Google One
  5. GetContact
  6. Line Webtoon
  7. Viu
  8. GoodNovel
  9. Tantan
  10. Youtube
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Data.ai
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com