Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Umumkan Chip M2 Pro dan M2 Max, Ini Kehebatannya

Kompas.com - 18/01/2023, 09:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple terus mengembangkan chipset buatan mereka yang mentenagai berbagai komputer atau laptop seri Mac.

Bersamaan dengan pengumuman beragam produk Mac terbaru, Apple juga mengumumkan kehadiran chipset Apple M2 Pro dan M2 Max. Dua chipset ini melengkapi model lain dari Apple M2 yang pertama kali diperkenalkan pada Juni 2022 lalu.

Kedua chipset ini sama-sama dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 5 nanometer (nm) generasi kedua Apple. Namun, ada beberapa spesifikasi yang tentunya membedakan kedua produk hardware Apple tersebut.

Apple M2 Pro kini memiliki jumlah transistor mencapai 40 miliar unit, 20 persen lebih banyak dibanding M1 Pro.

Baca juga: MacBook Pro M1 Pro dan M1 Max Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harganya

Ilustrasi kemampuan chipset Apple M2 Pro.Apple Ilustrasi kemampuan chipset Apple M2 Pro.
Apple M2 Pro dibekali dengan prosesor (CPU) 12 inti, yang dipadukan dengan pengolah grafis (GPU) hingga 19 inti, RAM LPDDR5 dengan kapasitas hingga 32 GB, dan memory bandwidth mencapai 200 GB/s.

Sementara Apple M2 Max, chipset ini memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dari M2 Pro dengan jumlah transistor mencapai 67 miliar unit, tiga kali lipat lebih banyak dibanding chipset M2 "reguler". 

Lebih lanjut, chipset tersebut dibekali dengan CPU 12 inti yang dikombinasikan dengan GPU hingga 38 inti, RAM LPDDR5 hingga 96 GB, dan memory bandwidth mencapai 400 GB/s.

Baik M2 Pro dan M2 Max kompak dibekali dengan chip Neural Engine 16 inti yang diklaim bisa mengerjakan 15,8 triliun operasi per detik (TOPS), fitur encode/decode yang mendukung format ProRes, serta dukungan format video HEVC/H.264 dengan resolusi 4K/8K.

“Hanya Apple yang membuat SoC seperti M2 Pro dan M2 Max. Keduanya memberikan kinerja profesional yang luar biasa bersama dengan efisiensi daya terdepan di industri,” ungkap Johny Srouji, Senior Vice President Hardware Technologies Apple.

Baca juga: Kabar Baik buat Apple Fanboy, iPhone 14 Pro Tidak Langka Lagi

Ilustrasi kemampuan chipset Apple M2 Max.Apple Ilustrasi kemampuan chipset Apple M2 Max.
Kedua chipset terbaru Apple ini juga diklaim bisa membuat baterai perangkat lebih awet. Jajaran MacBook Pro terbaru yang ditenagai M2 Pro dan M2 Max, diklaim dapat menyala hingga maksimal 22 jam dalam sekali pengisian baterai. 

Pada aspek performa, Apple mengeklaim CPU M2 Pro dan M2 Max 20 persen lebih ngebut dibanding generasi sebelumnya.

Sementara untuk aspek GPU, kedua chipset ini diklaim 30 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (18/1/2023). 

Saat ini, chipset Apple M2 Pro dan M2 Max bisa ditemui di jajaran produk Mac terbaru yang diluncurkan Apple pekan ini, meliputi MacBook Pro 2023 14 inci dan 16 inci, dan Mac Mini 2023.

Belum ada informasi kapan produk-produk dengan chipset M2 Pro dan M2 Max masuk ke Indonesia. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com