Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis MacBook Pro Baru dengan Chip M2 Pro dan M2 Max

Kompas.com - 18/01/2023, 10:16 WIB

KOMPAS.com - Apple meluncurkan laptop generasi terbarunya, MacBook Pro berukuran 14 inci dan 16 inci, yang mengandalkan chipset M2 Pro dan M2 Max. Peluncuran ini diumumkan Apple di laman resminya.

Chipset tersebut merupakan suksesor dari chip M1 Pro dan M1 Max yang sudah diperkenalkan lebih dulu pada Oktober 2021 lalu. Sebagai penerus, chipset terbaru bikinan Apple ini diklaim memiliki kinerja yang lebih memupuni dengan efiisiensi daya yang lebih rendah.

M2 Pro yang dirancang dengan fabrikasi 5 nm dan memiliki 12 inti (core) CPU serta GPU dengan core hingga 19 inti. Kapasitas RAM juga bisa diperluas hingga 32 GB.

Sementara itu, M2 Max dibekali 12 inti CPU, 38 inti GPU, dukungan RAM hingga 96 GB, dan bandwidth memori terpadu mencapai 400 GB per detik, dua kali lebih cepat dari M2 Pro.

Senior Vice Preident of Hardware Technologies Apple, Jony Srouji mengatakan, performa chipset menawarkan kinerja yang luar biasa dengan efisiendi daya terdepan.

Baca juga: Apple Umumkan Chip M2 Pro dan M2 Max, Ini Kehebatannya

“Hanya Apple yang mengembangkan (chipset) SoC (System-on-Chip) seperti M2 Pro dan M2 Max. Mereka menawarkan performa kinerja yang profesional dengan efisiendi daya terdepan di industrinya," kata Srouji.

"Dengan CPU dan GPU yang lebih ngebut, chipset juga didukung kapasitas RAM yang luas, mesin pengolah media yang ditingkatkan, M2 Pro dan M2 Max mampu menampilkan peningkatkan untuk chipset buatan Apple,” imbuhnya.

Ilustrasi M2 Pro dan M2 Max Ilustrasi M2 Pro dan M2 Max

Untuk lebih lengkapnya, simak rincian spesifikasi MacBook Pro 14 inci dan 16 inci di bawah ini, sebagaimana yang dirangkum KompasTekno dari Apple.com, Rabu (18/1/2023).

Spesifikasi MacBook Pro 16 inci

MacBook 16 inci dengan chip M2 dan M2 Pro MacBook 16 inci dengan chip M2 dan M2 Pro

Seperti namanya, laptop ini mengusung layar Liquid Retina XDR seluas 16,2 inci yang menawarkan resolusi 3.456x2.234 piksel. Layarnya memiliki refresh rate 120 Hz ProMotion, tingkat kecerahan 1.600 nits, dibekali teknologi True Tone, Dolby Vision, HDR 10, dan wide color (P3).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Apple
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.