Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Mac Mini dengan Chip M2 dan M2 Pro

Kompas.com - 18/01/2023, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran MacBook Pro baru, Apple juga mengumumkan perangkat lain, yakni komputer desktop Mac Mini yang mengandalkan chipset M2 dan M2 Pro. Perangkat ini dibekali sejumlah peningkatan spesifikasi dan kinerja yang lebih mumpuni dibanding Mac Mini M1 Pro, yang diperkenalkan tahun 2020 lalu.

“Dengan beragam kemampuan dan aktivitas dalam desain yang ringkas, Mac Mini telah digunakan di berbagai macam tempat dengan cara yang berbeda. Hari ini, kami dengan gembira memperkenalkannya (Mac Mini) dengan chip M2 dan M2 Pro,” ujar Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak, seperti dikutip KompasTekno dari laman Apple.com, Rabu (18/1/2023).

Mac Mini yang ditenagai oleh chip M2 dan M2 Pro menawarkan performa dengan kecepatan yang ngebut, dukungan RAM yang besar, konektivitas yang ditingkatkan, hingga mampu menawarkan beragam produktivitas untuk penggunanya.

Baca juga: Apple Rilis MacBook Pro Baru dengan Chip M2 Pro dan M2 Max

Tidak hanya itu, Joswiak juga menambahkan meski perangkat hadir dengan sejumlah peningkatan, Mac Mini bakal dibanderol dengan harga yang lebih rendah dibanding pendahulunya.

“Dengan meningkatkan performa dan penawaran harga yang lebih murah, Mac Mini dengan chip M2 memiliki nilai yang luar biasa.Bagi pengguna yang membutuhkan kinerja yang lebih profesional dan tangguh, Mac Mini dengan chip M2 Pro akan menawarkan hal yang berbeda, lain dari komputer di kelasnya,” tambah Joswiak.

Mac Mini - M2 Pro

Ilustrasi Mac Mini, Studio Display dan aksesoris MagicApple Ilustrasi Mac Mini, Studio Display dan aksesoris Magic

Salah satu chip yang diandalkan Mac Mini adalah M2 Pro. Chipset anyar buatan Apple ini memiliki 12 inti CPU dan 19 inti GPU (pengolah grafis). Chipset tersebut dibekali dukungan unified memory atau RAM seluas 32 GB dan bandwith memory hingga 200 GB per detik.

Tidak hanya itu, chipset ini juga memiliki “Neural Engine” yang diklaim 40 persen lebih cepat dibanding pendahulunya M1.

Dengan dukungan chipset khusus, perangkat dimungkinkan untuk melakukan berbagai macam tugas, seperti menganalisis video ataupun memroses gambar lebih cepat.

M2 Pro juga dibekali mesin pengolah media yang mampu menjalankan atau memutar lima streaming beresolusi 8K ProRes dengan frame rate 30 fps (frame per second) atau menjalankan 23 streaming dengan resolusi 4K ProRes di 30 fps.

Mac Mini dengan M2 Pro juga diklaim empat kali lebih ngebut dibandingkan Mac Mini yang ditenagai oleh chip bikinan Intel.

Sebagai gambaran, Mac Mini M2 Pro bakal menawarkan kecepatan 50 persen lebih cepat saat menjalankan Adobe Photoshop, 5,5 kali saat melakukan render di Adobe Lighroom Classic, ataupun 4 kali lebih cepat saat mengedit video di Final Cut Pro.

Baca juga: Apple Umumkan Chip M2 Pro dan M2 Max, Ini Kehebatannya

Mac Mini - M2

Chip M2 pada Mac Mini dirancang dengan delapan inti CPU (empat inti kinerja berat dan empat inti efisiensi daya) serta 10 inti GPU. Chipset ini juga mampu menjalankan sejumlah aplikasi dalam satu waktu bersamaan.

Dengan baseline unified memory atau RAM 8 GB yang bisa dikonfigurasi hingga 24 GB, membuat kecepatan bandwith memory bisa mencapai 100 GB per detik. Sehingga, hal tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengakses Adobe Photoshop ataupun aplikasi edit lainnya.

Chip M2 juga memungkinkan perangkat menjalankan dua streaming beresolusi 8K ProRes di 30 fps ataupun 12 streaming dengan resolusi 4K ProRes dengan frame rate 30 fps. Dengan segala peningkatan yang ada, Apple mengklaim Mac Mini dapat memiliki kinerja dan performa yang lebih ngebut dibanding komputer WIndows.

Baca juga: Xiaomi Mini PC Meluncur, Komputer Desktop Mungil Pesaing Mac Mini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Apple


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com