Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canalys: Pengiriman Smartphone Dunia Menyusut 11 Persen Sepanjang 2022

Kompas.com - 18/01/2023, 14:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Canalys

KOMPAS.com - Perusahaan riset pasar Canalys menerbitkan laporan pengiriman smartphone di seluruh dunia untuk kuartal IV-2022 (Oktober-Desember).

Dari laporan tersebut diketahui bahwa jumlah pengiriman ponsel pada kuartal IV-2022 turun 17 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Bila dikalkulasikan, pengiriman ponsel sepanjang tahun 2022 turun 11 persen menjadi nyaris 1,2 miliar unit.

Menurut Canalys, kondisi ini menandai tantangan yang berat bagi para vendor ponsel. Firma riset itu juga menyebut bahwa kuartal IV-2022 menandai kinerja tahunan dan kuartal IV terburuk dalam satu dekade.

"Vendor ponsel berjuang menghadapi ekonomi makro yang sulit sepanjang tahun 2022. Kuartal IV-2022 menjadi tahun dan kuartal dengan kinerja terburuk dalam satu dekade ini," kata analis riset Canalys, Runar Bjørhovde.

Baca juga: AnTuTu: Smartphone RAM 12 GB dan Memori 512 GB Kian Populer

Selain tantangan ekonomi yang tidak stabil, distributor juga dinilai cukup ketat dalam mengambil stok baru, sehingga turut membuat jumlah pengiriman ponsel kuartal IV-2022 menyusut.

Faktor lainnya yang membuat pengiriman ponsel anjlok pada kuartal terakhir 2022 itu adalah menurunnya permintaan ponsel kelas menengah dan entry-level, seperti pada kuartal sebelumnya.

Ponsel kelas atas alias high-end juga menunjukkan tren yang lambat, sehingga membuat pasar ponsel makin lesu.

Karena sederet kondisi di atas, Canalys memprediksi bahwa vendor ponsel akan cukup berhati-hati dalam menghadapi tahun 2023.

Analis Canalys, Le Xuan Chiew menjelaskan bahwa vendor ponsel akan memprioritaskan profit dan menjaga pangsa pasarnya dengan memangkas anggaran.

Lebih lanjut Xuan Chiew menyarankan vendor ponsel untuk membangun kemitraan yang kuat dengan distributor guna menjaga pangsa pasar perusahaan tetap stabil di tengah kondisi pasar yang menantang.

"Membangun kemitraan yang kuat dengan distributor menjadi penting guna melindungi pangsa pasar karena kondisi pasar yang sulit bagi mitra distributor bisa mengarah pada negosiasi yang berat," ujar Chiew.

Baca juga: IDC: Smartphone Bekas dan Refurbished Makin Diminati

5 vendor terbesar kuartal IV-2022

Apple kembali menjadi vendor terbesar dunia pada kuartal IV-2022. Pada tiga bulan terakhir 2022, Apple meraup pangsa pasar sebesar 25 persen. Angka tersebut cukup besar meski raksasa teknologi ini menghadapi masalah manufaktur di China.

Samsung membuntuti Apple di posisi kedua dengan pangsa pasar 20 persen. Namun, bila diakumulasikan, Samsung menjadi vendor terbesar sepanjang tahun 2022. Sayangnya Canalys tak merinci jumlah unit yang dikirimkan masing-masing vendor.

Xiaomi, Oppo dan Vivo juga masuk dalam daftar 5 vendor terbesar kuartal IV-2022. Berikut rinciannya.

  1. Apple - 25 persen
  2. Samsung - 20 persen
  3. Xiaomi - 11 persen
  4. Oppo - 10 persen
  5. Vivo - 8 persen

Untuk tahun ini, Canalys menaksir bahwa pasar ponsel masih dibayangi dengan tantangan yang cukup berat. Pasalnya, kenaikan suku bunga, pelambatan ekonomi hingga bursa kerja yang lesu dinilai akan membatasi peluang pasar.

Kendati demikian, beberapa kawasan ditaksi bakal tumbuh pada paruh kedua 2023, misalnya di Asia Tenggara, seiring dengan pemulihan ekonomi dan kebangkitan pariwisata di China yang dinilai bakal mendorong laju bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Canalys


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com