Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Melihat Alamat E-mail Google Sendiri Saat Lupa dengan Mudah di HP

Kompas.com - 18/01/2023, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Alamat e-mail Google, akun Google, atau yang biasa disebut juga dengan alamat Gmail, punya fungsi penting. Semua layanan Google, seperti Gmeet, YouTube, Play Store, dan Drive, hanya bisa diakses menggunakan alamat e-mail tersebut.

Selain untuk mengakses layanan-layanan itu, alamat e-mail Google tampaknya saat ini juga sudah menjadi bagian dari data diri pengguna. Dalam hal administrasi seperti untuk melamar pekerjaan, pengguna juga diminta buat mencantumkan alamat e-mail pribadi.

Baca juga: Cara Melihat Akun Google Telah Login di Perangkat Mana Saja dengan Mudah

Lantaran alamat e-mail Google punya fungsi yang penting, pengguna sangat disarankan untuk senantiasa menjaga dan mengingatnya. Meski idealnya perlu untuk diingat, namun dalam kondisi tertentu, lupa alamat e-mail sendiri tetap bisa saja terjadi.

Lupa alamat e-mail sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, alamat e-mail yang terlalu panjang, jarang membuka alamat e-mail, atau komposisi alamat e-mail yang rumit. Bila terpaksa mengalami lupa alamat e-mail sendiri, lalu apa yang harus dilakukan?

Ketika lupa alamat e-mail Google milik pribadi, pengguna sejatinya masih punya kesempatan untuk mengakses atau melihat kembali. Lantas, bagaimana cara melihat alamat e-mail sendiri saat lupa?

Melihat alamat e-mail sendiri pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah di handphone (HP). Kebanyakan HP saat ini, baik HP Android maupun iPhone, membutuhkan login alamat e-mail Google supaya bisa mengakses beberapa layanan.

Melalui jejak login di HP itulah pengguna bisa melihat alamat e-mail miliknya sendiri. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara melihat alamat e-mail sendiri dengan mudah di HP.

Cara melihat alamat e-mail sendiri

1. Melihat alamat e-mail sendiri di menu pengaturan HP

Jika sudah sempat login akun Google di HP, pengguna bisa melihat nama alamat e-mail miliknya lewat menu pengaturan. Cara melihat alamat e-mail di menu pengaturan bisa berbeda-beda pada tiap HP.

Pada HP Android Xiaomi, untuk melihat alamat e-mail sendiri di menu pengaturan, caranya dapat dilakukan dengan klik opsi “Akun & Sinkron”. Kemudian, pilih opsi akun “Google” dan alamat e-mail sendiri milik pengguna bakal ditampilkan.

Baca juga: Cara Cari Longitude dan Latitude di Google Maps buat Isi Data Alamat

Sementara itu, bila di iPhone, untuk melihat alamat e-mail sendiri lewat menu pengaturan, caranya dapat dilakukan dengan klik opsi “Mail” dan pilih “Akun”. Pada opsi “Akun”, bakal muncul semua alamat e-mail yang dipakai buat masuk di aplikasi Mail.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.