Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Software, Fungsi, dan Contohnya

Kompas.com - 19/01/2023, 03:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Software atau perangkat lunak komputer adalah seperangkat instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu.

Software merujuk pada program yang terdapat dalam komputer dan hanya bisa dilihat, sehingga perangkat lunak tersebut tidak dapat dirasakan fisiknya seperti halnya perangkat keras.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang software, berikut KompasTekno telah merangkum pengertian, fungsi hingga contoh-contoh software.

Baca juga: Penggunaan Software Digital Bantu Bisnis UMKM F&B Berkembang

Pengertian Software

Dilansir dari Tech Target, software adalah sekumpulan instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu. Istilah software merujuk pada aplikasi, skrip, dan program-program yang berjalan di perangkat.

Ketika pertama kali dikeluarkan, software hanya ditulis untuk komputer-komputer tertentu saja. Pada tahun 1980, software mulai dijual berbentuk floppy disk. Kemudian mengalami perkembangan menjadi bentuk CD dan DVD.

Saat ini, hampir semua software bisa dibeli dan diunduh langsung melalui internet. Perangkat lunak ini dapat ditemukan di situs web vendor atau situs web penyedia layanan-layanan aplikasi.

Perangkat lunak ini bekerja dengan memberikan arahan dan data yang dibutuhkan oleh komputer, sehingga software bisa melakukan tugasnya dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Terdapat dua kategori utama software, yakni software aplikasi dan software sistem.

Software aplikasi adalah perangkat lunak yang memenuhi spesifik atau melakukan tugas. Software aplikasi, berjalan dengan OS komputer dan program perangkat lunak sistem pendukung untuk bekerja.

Sementara software sistem dirancang untuk menjalankan perangkat keras komputer dan menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi di atasnya. Berbeda dengan software aplikasi, pengguna tidak dapat berinteraksi langsung dengan software sistem.

Hal ini dikarenakan software sistem berjalan di latar belakang untuk menangani fungsi dasar komputer. Perangkat lunak sistem, dijalankan saat sistem komputer dinyalakan dan terus berjalan selama sistem aktif.

Baca juga: Macam–macam Software Pengolah Angka atau Spreadsheet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.