Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Software, Fungsi, dan Contohnya

Kompas.com - 19/01/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Software atau perangkat lunak komputer adalah seperangkat instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu.

Software merujuk pada program yang terdapat dalam komputer dan hanya bisa dilihat, sehingga perangkat lunak tersebut tidak dapat dirasakan fisiknya seperti halnya perangkat keras.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang software, berikut KompasTekno telah merangkum pengertian, fungsi hingga contoh-contoh software.

Baca juga: Penggunaan Software Digital Bantu Bisnis UMKM F&B Berkembang

Pengertian Software

Dilansir dari Tech Target, software adalah sekumpulan instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu. Istilah software merujuk pada aplikasi, skrip, dan program-program yang berjalan di perangkat.

Ketika pertama kali dikeluarkan, software hanya ditulis untuk komputer-komputer tertentu saja. Pada tahun 1980, software mulai dijual berbentuk floppy disk. Kemudian mengalami perkembangan menjadi bentuk CD dan DVD.

Saat ini, hampir semua software bisa dibeli dan diunduh langsung melalui internet. Perangkat lunak ini dapat ditemukan di situs web vendor atau situs web penyedia layanan-layanan aplikasi.

Perangkat lunak ini bekerja dengan memberikan arahan dan data yang dibutuhkan oleh komputer, sehingga software bisa melakukan tugasnya dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Terdapat dua kategori utama software, yakni software aplikasi dan software sistem.

Software aplikasi adalah perangkat lunak yang memenuhi spesifik atau melakukan tugas. Software aplikasi, berjalan dengan OS komputer dan program perangkat lunak sistem pendukung untuk bekerja.

Sementara software sistem dirancang untuk menjalankan perangkat keras komputer dan menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi di atasnya. Berbeda dengan software aplikasi, pengguna tidak dapat berinteraksi langsung dengan software sistem.

Hal ini dikarenakan software sistem berjalan di latar belakang untuk menangani fungsi dasar komputer. Perangkat lunak sistem, dijalankan saat sistem komputer dinyalakan dan terus berjalan selama sistem aktif.

Baca juga: Macam–macam Software Pengolah Angka atau Spreadsheet

Fungsi software

Apabila istilah software merujuk pada sekumpulan instruksi, data, atau program-program yang ada dalam komputer, berarti fungsi-fungsi software adalah sebagai berikut.

  • Menyediakan fungsi penting komputer, seperti ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung komputer agar dapat beroperasi
  • Mengelola setiap hardware yang ada di komputer agar dapat bekerja secara bersamaan.
  • Mengidentifikasi program-program yang ada di komputer
  • Sebagai penghubung antara beberapa software dengan hardware yang ada di komputer
  • Sebagai penerjemah ke dalam bahasa mesin agar hardware bisa memahami perintah-perintah yang dikirimkan oleh pengguna

Contoh-contoh software

Dalam sebuah komputer, terdapat berbagai macam software yang terinstal di perangkat. Beberapa yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna adalah sebagai berikut.

Software aplikasi

cara mengatur format kertas di Word ballajack cara mengatur format kertas di Word

Perangkat lunak aplikasi menjalankan fungsi khusus untuk pengguna dan untuk beberapa aplikasi lain.

Contoh software aplikasi seperti office suite, software grafik, database dan program manajemen database, browser web, Microsoft Office Word, alat pengembangan software, program editor gambar, dan berbagai platform komunikasi. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com