Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Indonesia Paling Betah Main Mobile Legends dan Domino

Kompas.com - 19/01/2023, 08:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Data AI

KOMPAS.com - Game multiplayer online battle arena (MOBA) bikinan Montoon, Mobile Legends (ML), menjadi game mobile yang paling sering dimainkan oleh gamer di Indonesia pada 2022.

Hal itu terungkap dari laporan "State of Mobile 2023" yang dipublikasi oleh firma riset pasar aplikasi data.ai (dulu App Annie).

Waktu yang dihabiskan main Mobile Legends secara keseluruhan adalah 703 juta jam sepanjang tahun 2022. Jumlah tersebut adalah total jam semua gamers di Indonesia jika dihitung secara kumulatif.

Hal ini tak ayal membuat Ini membuat Mobile Legends menjadi game nomor satu yang paling sering dimainkan di Tanah Air.

Baca juga: Sama-sama Game MOBA, Ini Bedanya Wild Rift dan Mobile Legends

Data.ai juga merinci empat judul game mobile lain yang paling sering dimainkan oleh gamers di Indonesia. Salah datunya adalah game domino online Higgs Domino Island.

Aplikasi game ini menyediakan berbagai permainan, seperti dadu, kartu, catur, domino, congklak, puzzle, hingga slot.

Game Higgs Domino yang marak dimainkan itu dinilai Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bengkulu mengandung unsur perjudian.

Hal ini dikarenakan terdapat unsur taruhan uang dengan keuntungan besar yang didapat dalam game tersebut.

MUI Provinsi menyebut, banyak efek negatif yang yang terdapat pada permainan tersebut, salah satunya merusak pola pikir anak untuk bermalas-malasan, serta dapat menimbulkan tindak kejahatan.

Selengkapnya, berikut lima judul game mobile yang paling sering dimainkan di Indonesia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laporan "State of Mobile 2023" data.ai, Kamis (19/1/2023):

  • Mobile Legends (703 juta jam)
  • Higgs Domino Island (532,4 juta jam)
  • eFootball PES 2021 (276,1 juta jam)
  • Clash of Clands (245,6 juta jam)
  • Stumble Guys (240,2 juta jam)

Game Mobile Legends menjadi game yang paling sering dimainkan oleh gamer Indonesia pada 2022, dengan durasi total bermain hingga 703 juta jam.data.ai Game Mobile Legends menjadi game yang paling sering dimainkan oleh gamer Indonesia pada 2022, dengan durasi total bermain hingga 703 juta jam.
Laporan "State of Mobile 2023" juga merinci lima game mobile yang cenderung jarang dimainkan gamer pada 2022. Salah satu di antaranya adalah Chess.com.

Permainan catur online ini sempat viral pada 2021 gara-gara fenomena pecatur asal Indonesia Dadang Suber dengan akun ID "Dewa_Kipas" diblokir lantaran diduga bermain curang dengan GothamChess.

Namun, di tahun 2022, Chess.com tak lagi banyak dimainkan oleh gamers Indonesia. Judul game populer seperti Genshin Impact lebih sedikit dimainkan pada 2022 dibanding 2021.

Baca juga: Kaset Fisik Makin Ditinggalkan, Game Digital Kian Diminati

Sementara game battleroyale populer Free Fire (FF) tercatat menjadi game yang paling banyak ditinggalkan pengguna. Indikasinya, pada 2022, total waktu bermain Free Fire di Indonesia turun hingga 553,8 juta jam dibanding 2021.

Berikut daftar lima game mobile yang lebih sedikit dimainkan gamer di Tanah Air pada 2022 dibandingkan 2021:

  • Game of Sultans (-25,2 juta jam)
  • Alchemy Stars (-29,3 juta jam)
  • Chess.com (-33,8 juta jam)
  • Genshin Impact (-68,1 juta jam)
  • Free Fire (-553,8 juta jam)

Ilustrasi akun Dewa_Kipas di Chess.com yang diblokir.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi akun Dewa_Kipas di Chess.com yang diblokir.
Selain game yang paling sering dimainkan oleh gamer Indonesia, laporan "State of Mobile 2023" dari data.ai ini juga mengungkap informasi lain seputar rata-rata waktu yang dihabiskan saat bermain HP, uang yang dibelanjakan pengguna di aplikasi, total download aplikasi, aplikasi paling populer di suatu wilayah, belanja iklan mobile, aplikasi yang paling banyak di-download, dan masih banyak lainnya.

Sebelumnya diwartakan, warganet Indonesia dinobatkan sebagai pengguna internet yang paling lama menghabiskan waktu untuk main HP pada 2022, yakni rata-rata selama 5,7 jam setiap harinya.

Waktu rata-rata penggunaan HP di Indonesia lebih tinggi dibandingkan 17 negara lainnya seperti Brazil (5,3 jam), Saudi Arabia (5,3 jam), Singapura (5,3 jam), Korea Selatan (5 jam), Meksiko (4,9 jam).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Data AI


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com