Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Game HP yang Paling Banyak Di-download di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2023, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Platform riset pasar, aplikasi, dan konsumen Data.AI (dulunya App Annie) merilis laporan berjudul "State of Mobile 2023" pekan ini.

Secara garis besar, laporan tersebut mengulas kebiasaan dan tren pengguna dari seluruh dunia, termasuk Indonesia dalam menggunakan smartphone sepanjang tahun 2022.

Salah satu yang dirangkum mereka adalah daftar 10 game mobile (HP) yang paling banyak diunduh (download) di seluruh dunia, yang tentunya meliputi pasar Indonesia, sepanjang tahun 2022 kemarin.

Dalam riset ini, Data.AI menobatkan game party royale kembaran Fall Guys, yaitu Stumble Guys, menjadi game nomor satu yang paling banyak diunduh di Indonesia 2022.

Stumble Guys merupakan game seru-seruan yang menyerupai acara TV lawas "Benteng Takeshi", di mana puluhan pemain (32 pemain) berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat atau yang berhasil menyelesaikan tantangan di tiga ronde yang tersedia. 

Baca juga: Kaset Fisik Makin Ditinggalkan, Game Digital Kian Diminati

Di pengujung ronde, satu orang yang berhasil bertahan hidup atau menyelesaikan semua tantangan dengan cepat akan menjadi pemenangnya. 

Karena game ini cukup seru dan terkadang bisa mengundang tawa, belum lagi durasi permainan yang singkat (sekitar 5 menit), tak aneh jika Stumble Guys banyak di-download pengguna Indonesia.

Daftar game HP yang paling banyak di-download di Indonesia 2022.Data.AI Daftar game HP yang paling banyak di-download di Indonesia 2022.
Di bawah Stumble Guys, ada Higgs Domino Island, Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Subway Surfers yang melengkapi daftar lima game paling banyak di-download di Indonesia sepanjang 2022.

Sementara di posisi keenam hingga kesepuluh diisi oleh Super Sus, FIFA Soccer, Stickman Party, Sakura School Simulator, dan Roblox. 

Data.AI tidak menyebutkan berapa banyak atau berapa kali game-game populer tersebut diunduh oleh pengguna asal Tanah Air.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Data AI


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.